Beranda Sosial Budaya Berburu, Hobi yang Menyusahkan Orang Lain

Berburu, Hobi yang Menyusahkan Orang Lain

0
BERBAGI

Setiap orang pasti mempunyai hobi. Beragam hobi dapat dipilih untuk mengisi waktu luang. Namun, apa jadinya bila hobi yang dipilih malah menyusahkan orang lain? Tentunya orang lain tersebut tidak akan senang dan mungkin marah, bahkan bisa jadi mengeluarkan sumpah serapah kepada yang bersangkutan.

Salah satu hobi yang cukup menjengkelkan saya adalah hobi berburu. Bukan hobinya yang saya tidak suka. Tetapi, kelakuan dari manusianya yang tidak menyenangkan saya.

Hari ini, Minggu, 4 September 2011, ketika saya sedang melakukan perjalanan yang mungkin mengitari 1/4 Sumatera Barat. Perjalanan yang seharusnya dapat ditempuh dengan waktu yang cukup singkat berubah menjadi panjang dan melelahkan. Karena, banyak jalan yang ditutup demi kepentingan segelintir orang seenak perutnya saja, dalam hal ini, para pemburu. Sehingga, saya terpaksa dengan berat hati untuk mengalah dan melewati “Jalan Alternatif” yang sangat sempit agar roda kehidupan saya terus berlanjut, begitu pun orang lain.

Karena jalan yang sempit dan hanya bisa dilewati satu kendaraan, kemacetan pun tak terelakkan lagi. Begitulah keadaan yang saya hadapi ketika perjalanan ke Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar dari Sawahlunto via Padang Sibusuk, Kabupaten Sijunjung sekitar pukul 11-12 WIB. Ketika hendak kembali ke Sawahlunto, saya melewati jalur Padang Ganting, Kabupaten Tanah Datar sekitar pukul 15-16 WIB, saya kembali bertemu dengan mereka.

Jalanan pun masih dialihkan ke “Jalur Alternatif” yang kembali lagi ke jalur yang masih sempit plus dilengkapi kemacetan, terpaksa, kembali saya tempuh. Inilah kehidupan rakyat biasa, mudah digiring kesana-kemari. Saya hanya bisa terima dengan kesabaran dan ketulusan dalam menjalaninya. Karena sedikit orang, kepentingan dan hajat orang banyak jadi ditangguhkan.

anjing buruhobi berburu di waktu luang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here