Jika Arsenal Gagal Juara Harapan Tahun 2017

Jika Arsenal Gagal Juara Harapan Tahun 2017

Arsenal F.C. merupakan klub sepak bola paling konsisten dalam 2 dekade terakhir. Meski sudah lama tidak merasakan gelar juara Liga Inggris, semenjak dilatih oleh Arsène Wenger, mereka selalu mampu lolos ke Liga Champions Eropa. Konsistensi yang mereka capai membuat keuangan mereka selalu memenuhi aturan Financial Fair Play dari UEFA.

Meski demikian, manajemen Arsenal tidak serius menargetkan juara. Meski punya pemilik kaya raya dan keuangan yang kuat, Arsenal puas dengan bintang kelas dua yang menghuni skuad mereka. Selama saya berkuliah di UNAND, Arsenal hanya membeli seorang pesepakbola kelas wahid setiap musimnya, yakni Mesut Özil (2013), Alexis Sanchez (2014), Petr Cech (2015), dan Granit Xhaka (2016). Berbeda jauh dengan big six lainnya, Chelsea, Liverpool, dan Duo Manchester. Bahkan, Tottenham Hotspur, yang selama ini gagal berkuasa di utara London, sudah mulai menggeliat, dan meningkat.

Sudah rahasia umum, di awal musim, mereka mampu tampil mencengangkan. Akan tetapi, memasuki pertengahan musim, cedera dan kelelahan mulai datang. Di akhir mereka kembali memukau, namun semua sudah terlambat.

Dalam beberapa tahun terakhir, Arsenal dan Arsène seolah menghadapi siklus yang sama. Membeli pemain baru, menargetkan juara liga, muncul #WengerOutfinish di posisi 4. Di Liga Champions pun berakhir di kaki Barcelona atau Bayern Munchen. Dan sesekali juara Piala FA.

Musim ini berbeda, persaingan menjadi lebih ketat menuju posisi 4 besar EPL. Sejam lagi, Arsenal akan menghadapi Sunderland pada pekan ke-37. Dengan dua laga tersisa, Arsenal juga dihadapkan dengan lawan yang sulit, Sunderland dan Everton. Berbeda dengan Liverpool yang cuma melawan the Boro dan City yang menghadapi WBA dan Watford.

Andaikan tempat di Liga Champion musim depan dan/atau satu-satunya peluang tersisa untuk meraih tropi musim ini, Piala FA melawan Chelsea di final, gagal diamankan oleh Arsenal, maka bisa dipastikan banyak pemain bintang mereka yang akan menyeberang. Sanchez, Özil, dan Xhaka mungkin saja akan pergi. Dan, Arsène Wenger, juga akan pergi, terlebih kontraknya akan habis 30 Juni 2017 ini. Jika beruntung, Arsenal mungkin dapat pengganti lebih baik. Jika tidak, mungkin fans Arsenal harus melupakan Eropa, atau bahkan Liga Primer.

Tulisan kali ini cukup berbeda, karena biasanya saya membuat hitung-hitungan siapa yang akan juara. Akan tetapi, musim ini Chelsea bangkit terlalu luar biasa dan begitu digdaya. Meski dibantu juga MU, juara bertahan, dan Liverpool yang melempem.

Update:

  • Akhirnya Arsenal memenangkan Piala FA  setelah mengalahkan Chelsea dengan skor 2-1. (29/05/2017)
  • Karena sukses membawa Arsenal memenangkan Piala FA, Arsène Wenger mendapatkan perpanjangan kontrak 2 tahun dengan syarat harus mendatangkan lebih banyak pemain bintang pada jendela transfer. (30/05/2017)
cara game ppsspp jadi lapangan hijauJurusan sistem informasi zakiy

Share this post

Post Comment