Beranda Olahraga Keterlambatan Penanganan Medis di Liga Italia dan Inggris

Keterlambatan Penanganan Medis di Liga Italia dan Inggris

0
BERBAGI

Meninggalnya Piermario Morosini, pemain Klub Serie B, Livorno yang dipinjam dari Udinese karena serangan jantung ketika sedang bermain melawan Pescara mengingatkan kita pada kejadian yang menimpa bintang Bolton Wanderers, Fabrice Muamba yang kolaps saat menghadapi Tottenham Hotspurs di Piala FA. Ironisnya, Morosini meninggal karena mobil ambulan terlambat sampai karena terhalang mobil polisi.

Kejadian yang terjadi di tanah Inggris tersebut kembali terulang di Italia. Seharusnya, federasi sepak bola Italia belajar atas kejadian di Inggris dan mengingatkan klub-klub dibawahnya untuk memperhatikan hal ini.

FA, federasi sepak bola Inggris, mengalami kejadian serupa lima tahun lalu, saat Piala FA, Chelsea menghadapi Reading. Pada saat itu, Petr Chech, kiper Chelsea mengalami cedera parah di kepala, yang membuatnya hingga saat ini memakai “helm” disaat membela Chelsea dan Ceko.

Manajer Chelsea kala itu, Jose Mourinho mengecam keras penanganan lamban yang diterima kipernya sebelum dibawa ke rumah sakit usai mengalami cedera kepala serius pada laga kontra tuan rumah Reading.

The Blues mengajukan komplain resmi yang berujung pada peninjauan kembali aspek medis di setiap laga oleh Liga Premier dan FA, termasuk ketersediaan ambulan di stadion dan hadirnya doktor klub di setiap pertandingan.

Andaikan Fabrice Muamba sebagai Petr Chech saat itu, pasti Muamba tak akan selamat. Tetapi, Premier League belajar dari pengalaman dan meningkatkan kinerja paramedis.

Liga Italia, sayangnya tidak merespon kejadian yang terjadi di Inggris sebelumnya. Sehingga, Morosini tak mampu diselamatkan.

Hal ini sangat disayangkan, sebagai kompetisi papan atas dunia, mereka masih kurang memperhatikan aspek ini. Padahal, di liga Indonesia, hal ini sangat diperhatikan. Setahu saya, sudah sejak lama ambulan tersedia di di stadion. Bahkan, klub terbaik di kota saya yang bermain di Divisi 3 PSSI, terkadang telah menyiapkan mobil pemadam kebakaran untuk antisipasi saja, paling tidak untuk mendinginkan suasana. Masa Premier League dan Serie B kalah dari Divisi 3. Apa kata dunia?

LPI Arifin Panigoro
ISL Nurdin Halid

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here