Tim Nasional Sepak Bola Jerman, Proyek Raksasa Naturalisasi Paling Berhasil

Tim Nasional Sepak Bola Jerman, Proyek Raksasa Naturalisasi Paling Berhasil

Tim nasional sepak bola Jerman adalah salah satu tim nasional besar dengan sederet prestasi membanggakan. Tiga kali juara dunia dan tiga kali kampiun eropa, pastinya merupakan hasil kerja keras dengan berbagai cara. Termasuk, cara singkat dengan menaturalisasi pemain sepak bola. Bahkan, saat ini tim nasional Jerman dihuni oleh para bintang sepak bola dunia dari berbagai latar belakang budaya asal mereka. Sebut saja, Mesut Oezil yang aslinya adalah orang Turki dan Sami Khedira yang berasal dari Tunisia yang merupakan pemain inti dari salah satu klub besar dunia, Real Madrid CF.

Sungguh sebuah ironi, mereka memiliki liga yang berkualitas. Tetapi, tim nasionalnya hanya mengandalkan hasil naturalisasi karena klub terlalu banyak mengimpor pemain asing. Bahkan, pelatih tim nasional Inggris, Fabio Capello sempat menghujat Jerman ketika menaturalisasi pemain asal Inggris, Lewis Holtby. Walaupun, Capello juga menarik pemain asal Ghana, Dany Wellbeck. Namun, ia beralasan pemanggilan Wellbeck ke skuad tim nasioanl Inggris sudah mendapat izin dari keluarganya.

Kelakuan klub tersebut akhirnya disadari oleh asosiasi sepak bola Jerman, DFB ketika jumlah pemain asing jauh lebih banyak merumput di Bundesliga daripada produk dalam negeri. Mereka memaksa klub Bundesliga dan Bundesliga 2 untuk memiliki akademi sendiri dengan pengurus yang benar-benar profesional. Bahkan, kabarnya klub-klub Jerman tersebut sudah menghabiskan 600 juta euro dalam satu dekade terakhir hanya untuk akademi.

Tetapi, proyek naturalisasi tim nasional Jerman justru menyasar para pemain muda yang dibajak oleh klub Jerman ketika masih muda. Bahkan, dengan pemain muda hasil naturalisasi tersebut mereka berhasi menyabet tempat ketiga pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan yang rata-rata berumur 25,5 tahun. Mungkin, hanya Nuri Sahin, bintang Real Madrid yang sempat bermain di Borussia Dormunt yang lolos dari proyek naturalisasi Jerman, ia lebih memilih membela tim nasional Turki, negara asalnya.

Daftar pemain Jerman hasil naturalisasi sepengetahuan saya:

– Miroslav Klose >> Polandia
– Lukas Podolski >> Polandia
– Paulo Rink >> Brazil
– Cacau >> Brazil
– Mesut Oezil >> Turki
– Ilkay Gundangan >> Turki
– Gerald Asamoah >> Ghana
– Patrik Owomoyela >> Ghana
– Denis Aogo >> Ghana
– Jerome Boateng >> Ghana
– Sami Khedira >> Tunisia
– Mario Gomes >> Spanyol
– Kevin Kuranyi >> Puerto Rico
– Lewis Holtby >> Inggris

Sebenarnya, masih banyak lagi, tetapi saya hanya mengingat sebanyak itu ketika menulis artikel ini.

pemain naturalisasi jerman yang gagalsiapa saja pemain timnas jerman yang naturalisasitim muda sepak bola jerman membanggakan

Share this post

Post Comment