Trik Memilih Bank Saat Mengajukan KTA

Trik Memilih Bank Saat Mengajukan KTA

Mencari modal untuk membuka usaha bisa dilakukan dengan mengajukan KTA ke bank. Banyak sekali bank di Indonesia yang dapat dijadikan acuan dalam pengajuan pinjaman seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA). KTA memang lebih diminati oleh calon debitur karena tak memerlukan  jaminan apa pun. Anda juga perlu cermat apabila hendak melakukan pinjaman ke bank. Untuk itu, Anda harus mempertimbangkan faktor-faktor penting di bawah ini dalam mencari bank yang tepat saat mengajukan pinjaman.

Kredibilitas Bank

Calon debitur harus mencari tahu kondisi bank yang akan dijadikan tempat pengajuan KTA, apakah cukup tepercaya atau tidak. Caranya mudah saja, Anda bisa meriset terlebih dahulu mengenai jumlah nasabah yang dimilikinya.  Anda bisa memilih bank dengan nama besar yang sudah terjamin tingkat kredibilitasnya. Bila perlu cek dan ricek apakah bank tersebut menerbitkan kartu kredit nomor 1 di Indonesia. Jika ia meenerbitkan top kartu kredit dan fasilitas lainnya maka dapat Anda pertimbangkan sebagai pilihan terbaik untuk tempat pengajuan KTA karena menyangkut keamanan Anda dalam peminjaman kredit.

Biaya Pengajuan KTA Beserta Bunga Pinjaman

Pada Kredit Tanpa Agunan ada beberapa jenis biaya yang harus diketahui calon debitur ketika mulai mengajukan KTA yang nantinya akan dibebankan pada calon debitur. Biaya-biaya tersebut antara lain: Bunga Kredit, Biaya Provisi, Biaya Keterlambatan, Biaya Pelunasan yang Dipercepat, dan Biaya Asuransi. Besaran biaya-biaya tersebut berbeda di setiap bank sehingga calon debitur harus aktif mencari informasi mengenai biaya tersebut. Semakin rendah biaya yang harus dibayarkan maka pinjaman tersebut akan semakin efektif.

Limit Pinjaman

Masing-masing bank punya regulasi sendiri mengenai persyaratan pengajuan KTA. Tentu termasuk seberapa besar limit pinjaman yang bisa diterima oleh calon debitur. Sebelum mengajukan pinjaman KTA ada baiknya Anda mengetahui secara jelas berapa dana yang Anda butuhkan untuk membuka modal usaha sehingga mempermudah Anda memilih bank yang tepat untuk mengajukan KTA.

Jangka Pinjaman

Sama halnya dengan pemberian limit pinjaman yang berbeda-beda  dari setiap bank. Jangka waktu pinjaman juga bervariasi setiap banknya. Namun karena tidak adanya faktor jaminan biasanya bank mensyaratkan maksimal peminjaman yaitu 5 tahun untuk KTA.Tips untuk Anda yang akan mengajukan KTA walaupun pihak bank memberikan keleluasaan pinjaman maksimal 5 tahun, sebaiknya pilihlah jangka waktu yang terpendek agar tidak terlalu terbebani oleh biaya pengembaliannya.

Fasilitas Tambahan

Ada beberapa Bank yang memberikan fasilitas tambahan seperti pada KTA Standard Chartered.  KTA Standard Chartered memiliki fitur tambahan seperti periode pinjaman fleksibel 3 bulan mulai dari 12 hingga 60 bulan dan metode pembayaran yang mudah, di mana pembayaran dapat dilakukan di teller dan lebih dari 10.000 ATM Standard Chartered dan jaringan ATM bersama. Adanya fasilitas tambahan ini jadi nilai plus bagi nasabah dalam menentukan bank.

Syarat dan Waktu Pengajuan KTA

Ini merupakan bagian paling penting ketika ingin mengajukan Kredit Tanpa Agunan yaitu mencari informasi mengenai persyaratan pengajuan KTA. Walaupun tanpa jaminan, pengajuan KTA tidak semudah yang dibayangkan. Pastikan Anda mencari informasi mengenai syarat pengajuan KTA di bank yang Anda ingin ajukan. Dalam proses pengajuan KTA dibutuhkan jangka waktu tertentu mulai dari proses pengajuan hingga cairnya dana pinjaman. Jika membutuhkan dana pinjaman yang cepat cair maka carilah bank yang memberikan kemudahan proses pengajuan KTA.

====

Sponsor : Atur Duit

Share this post

Post Comment