Beranda Sain & Teknologi 1000 Startup Indonesia untuk Wujudkan Potensi Indonesia Menjadi The Digital Energy of...

1000 Startup Indonesia untuk Wujudkan Potensi Indonesia Menjadi The Digital Energy of Asia di tahun 2020

0
BERBAGI

Kementerian Komunikasi dan Informatika beberapa waktu lalu meluncurkan program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital yang dimulai di Yogyakarta. Gerakan ini sepertinya merupakan kelanjutan dari kunjungan Presiden Joko Widodo ke berbagai raksasa teknologi dunia beberapa waktu lalu.

Gerakan ini diinisiasi oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia bersama KIBAR, sebuah perusahaan yang bertujuan membangun ekosisitem teknologi di Indonesia melalui inisiatif-inisiatif pembangunan kapasitas, mentoring dan inkubasi di berbagai kota.

Dukungan dari pemerintah ini tentunya menjadi kabar baik bagi usaha rintisan di bidang digital. Meski demikian, dana untuk program ini bukan berasal dair pemerintah. Gerakan ini akan menghubungkan startup terpilih dengan investor.

Startup yang sudah sampai di tahap Incubation akan diseleksi kembali untuk menentukan startup mana yang patut mendapatkan funding. Startup tersebut juga wajib menyiapkan berbagai kelengkapan untuk mendapat pendanaan dari investor yang telah menjadi partner Gerakan Nasional 1000 Startup Digital.

Pemerintah melalui Kemkominfo sebagai fasilitator akan turun ke daerah-daerah dengan dibantu dinas-dinas terkait di pemerintahan daerah.

Perlu diingat, startup yang akan didukung merupakan startup yang dapat menjadi solusi bagi permasalahan di masyarakat sekitar dengan memanfaatkan teknologi digital, seperti: aplikasi, website, dan IoT (Internet of Things) demi mewujudkan potensi Indonesia menjadi The Digital Energy of Asia di tahun 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here