Situs Web Tempat Kamu Bisa Mencari Jurnal dan Buku

Situs Web Tempat Kamu Bisa Mencari Jurnal dan Buku

Beberapa situs web yang dapat dikunjungi untuk mendapatkan informasi dan materi perkuliahan, selain tentunya mengunjungi perpustakaan di kampus.
Ilustrasi mahasiswa memegang buku. (Foto: ruangmahasiswa.com)

Bagi kamu mahasiswa baru yang baru menikmati indahnya praktikum atau tugas paper dan masih bingung buat cari referensi paper. Kali ini saya bakal memberikan beberapa situs web yang dapat dikunjungi, selain tentunya mengunjungi perpustakaan.

Saya sendiri sangat mengandalkan situs web-situs web penyedia jurnal karena tidak mau ribet dengan mencari referensi di perpustakaan. Tenang saja, situs web penyedia jurnal-jurnal ini terpercaya.

  1. Science Direct: http://www.sciencedirect.com
  2. Google Cendekia: https://scholar.google.co.id/
  3. Jurnal dari LIPI: http://www.jurnal.lipi.go.id
  4. Perpustakaan Nasional: http://e-resources.pnri.go.id
  5. DOAJ (Direct Open Access Journal): https://doaj.org
  6. IJEA (International Journal of Education and Arts): http://www.ijea.org
  7. Untuk buku-buku, kamu bisa membukanya di https://doabooks.org/

Berhubung tidak semua jurnal yang disediakan situs web tersebut memberikan akses terbuka, kamu bisa menggunakan https://sci-hub.se untuk mengunduh jurnal berbayar dengan cukup memasukkan DOI jurnal tersebut di kolom yang disediakan. Berikutnya kamu bisa mengunduh jurnal secara gratis.

Untuk buku-buku yang berbayar, kamu bisa mengunduhnya secara gratis di http://libgen.is atau di http://gen.lib.rus.ec/ dengan memasukkan judul atau kode ISSN dari bukunya .

Semoga bermanfaat :)