Google Apps (G Suite) Gratis dengan Domain Sendiri

Google Apps (G Suite) Gratis dengan Domain Sendiri

Kamu yang baru terhubung ke internet belakangan ini pasti tidak tahu kalau layanan GMail dengan domain sendiri itu dahulunya gratis.
G Suite

Kamu yang baru terhubung ke internet belakangan ini pasti tidak tahu kalau layanan GMail dengan domain sendiri itu dahulunya gratis. Sejak 6 Desember 2012 Google memutuskan menghentikan program 'trial' untuk program Google Apps dengan domain sendiri.

Google Apps atau dikenal juga dengan G Suite adalah rangkaian layanan Google yang mencakup aplikasi seperti GMail, Documents, Spreadsheet, Slide, dan lainnya yang sekarang telah memiliki lebih dari 2 miliar pengguna.

Layanan Google Apps gratis selama menggunakan subdomain dari Google. Apabila kamu mau menggunakan domain sendiri, akan diminta bayaran sesuai dengan yang disewa.

Sebenarnya, kalau kamu tidak mau bayar tagihan G Suite, masih bisa diakali kok. Tetapi kamu tetap harus bayar biaya sewa domain.

Admin G Suite for Nonprofits

G Suite biasanya meminta legalitas untuk memanfaatkan G Suite for Education atau G Suite for Nonprofits, bisa dengan mengajukan pendirian sekolah, yayasan, atau perkumpulan.

Mendirikan sekolah sepertinya agak ribet, walau bisa saja dengan pendidikan jarak jauh, tidak harus tatap muka.

Saya sendiri menggunakan yayasan yang sebenarnya vakum. Tahun 2018 lalu, saya menghabiskan Rp 3 jutaan untuk pendirian yayasan. Pendirian yayasan tidak sulit jika dilakukan sendiri tetapi kamu bakal berjumpa KKN di beberapa tempat perizinan.

Kamu bebas mendaftarkan domain apa pun tetapi diutamakan .org atau .or.id jika di Indonesia. Tenang, kamu bebas menambahkan secondary domain nantinya.

Pastikan juga menyiapkan sebuah situs web bagi yayasan/perkumpulan dengan konten yang cukup meyakinkan. Soalnya verifikasinya tetap dilakukan oleh manusia (karyawan Google).

Hasilnya, selain bisa menggunakan GMail dengan domain sendiri kamu juga mendapatkan kuota 30 GB per akun untuk 30.000 akun.

Google Suite for Education malah memberikan pilihan tanpa batasan.

Hayooo, mau dipakai buat apa?