Semester Depan Masih Kuliah Daring

Semester Depan Masih Kuliah Daring

Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan bahwa perguruan tinggi di Indonesia masih akan menggelar kegiatan perkuliahan secara daring.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dalam siaran langsung di saluran YouTube Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senin sore (15/6/2020), mengatakan, bahwa perguruan tinggi di Indonesia masih akan menggelar kegiatan perkuliahan secara daring untuk tahun ajaran ganjil 2020.

Untuk tahun akademik, perguruan tinggi umum akan bisa memulainya pada Agustus 2020. Sedangkan perguruan tinggi agama bisa memulainya pada September 2020.

"Tahun akademik pendidikan tinggi dimulai Agustus 2020 tapi masih daring (online) karena universitas punya potensi mengadopsi pendidikan jarak jauh lebih besar daripada menengah dan dasar," ujar Nadiem.

Kendati demikian, ada pengecualian untuk kegiatan yang sulit dilaksanakan secara daring. Aktivitas yang berhubungan kelulusan mahasiswa yang tidak dapat dilakukan secara daring dapat diizinkan secara khusus oleh pimpinan kampus.

Ia mencontohkan kegiatan seperti penelitian di laboratorium untuk skripsi, tesis, dan disertasi.  Kemudian tugas laboratorium, praktikum, studio, bengkel, dan kegiatan akademik/vokasi serupa.

"Boleh datang ke kampus yang berhubungan dengan ini karena kami tidak ingin mengorbankan potensi mahasiswa untuk lulus," kata Nadiem.

Kebijakan lain terkait pendidikan keagamaan akan dijelaskan Menteri Agama dalam waktu satu atau dua hari ke depan.