Review Money Lover, Aplikasi Manajemen Keuangan

Review Money Lover, Aplikasi Manajemen Keuangan

Aplikasi yang sudah diunduh jutaan kali ini mungkin tidak asing bagi Anda yang biasa membuat catatan keuangan di smartphone.
Review Money Lover, Aplikasi Manajemen Keuangan
Money Lover (Foto: moneylover.me)

Saya orang yang termasuk cukup suka untuk menulis catatan keuangan sejak masih sekolah. Catatan keuangan tersebut biasa saya tulis di buku catatan yang ukuran A6 atau A7. Tapi itu zaman sekolahan belasan tahun lalu.

Saat itu memang terasa sedikit merepotkan untuk menulis pemasukan dan pengeluaran di buku secara manual.

Setelah masuk kuliah S1, saya mulai menggunakan bantuan perangkat lunak dari Windows, Microsoft Excel untuk membuat catatan keuangan yang lebih baik. Walau memang masih cukup merepotkan. :(

Money Lover, Aplikasi Manajemen Keuangan

Saya mulai merasa cukup ribet untuk mencatat di Ms. Excel setiap malam, soalnya harus menaktifkan komputer untuk memasukkannya. Ini situasi yang terasa setelah lulus kuliah S1 dan mulai bekerja dengan jadwal pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore. Apalagi malamnya masih dilanjutkan dengan kuliah S2.

Saya pernah membaca salah satu tulisan di internet, "Teknologi berkembang karena kemalasan manusia." Hal ini tampaknya memang benar.

Lalu, teman saya yang juga cukup rutin menulis catatan keuangan menyarankan untuk menggunakan aplikasi Money Lover dari pengembang Ngo Xuan Huy.

Saya mulai menggunakan Money Lover beberapa bulan setelah mulai kuliah S2 dan jelas terasa penggunaan aplikasi di smartphone seperti aplikasi Money Lover sangat membantu.

Aplikasi yang sudah diunduh jutaan kali ini mungkin tidak asing bagi Anda yang biasa membuat catatan keuangan di smartphone.

Money Lover saya gunakan bahkan untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran sekecil apapun. Bahkan, akhirnya membeli versi premiumnya pada 3 Juli 2019 sebesar Rp79 ribu. Saat itu masih tanpa pajak, dapat cashback sebesar Rp10 ribu, dan tentunya hanya sekali bayar untuk semua fitur.

Aplikasi Money Lover yang tersedia untuk Android, iOS, Windows 10, dan situs web ini sangat berguna bagi orang dengan mobilitas tinggi untuk mencatat keuangan pada lintas perangkat.

Fitur Money Lover

Saya hanya akan membahas fitur yang menurut saya menarik. Akan lebih baik bagi Anda untuk menjelajahi sendiri aplikasi ini dan merasakan keseruannya.

Mengatur Banyak 'Dompet'

Money Lover menggunakan istilah ”Wallet” untuk membuat dan mengatur banyak jenis laporan, yang bisa saling transfer dan memiliki kegunaan masing-masing, "Wallet" ini bisa dinamakan sesuai dengan yang kita inginkan.

Misalkan menamakan dompet-dompet di aplikasi Money Lover dengan nama, Keuangan Pribadi, Keuangan Keluarga, dan lain-lain. Nama khusus ini tentunya akan membuat cattan keuangan Anda lebih tertata.

Kelebihan lainnya, Anda bisa menghubungkan aplikasi ini dengan sistem rekening bank. Jadi, apabila misalnya transaksi Anda menggunakan rekening Bank Mandiri, histori transaksi pada Bank Mandiri akan tercatat pada dompet yang dihubungkan.

Tersedia cukup banyak bank dari Indonesia yang bisa Anda hubungkan dengan aplikasi Money Lover, saya sendiri pernah menghubungkan rekening Bank Mandiri hingga fitur ini memerlukan biaya tambahan.

Pada saat saya membeli versi premium pada 2019, Anda tidak akan dikenakan biaya untuk menghubungkan rekening bank dengan aplikasi. Saat ini hanya beberapa bank yang tersedia secara gratis.

Histori Transaksi

Histori transaksi akan diatur per bulan secara bawaan tetapi Anda bisa mengaturnya dengan banyak pilihan pada Money Lover. Anda bisa mengatur ikon dan kategori pada masing-masing transaksi.

Review Money Lover, Aplikasi Manajemen Keuangan
Histori Money Lover (Foto: dzncdn.com)

Anda juga bisa mengekspor histori transaksi ke format lain seperti XLS (format berkas untuk Ms. Excel). Salah satu fitur yang cukup menarik bagi saya adalah pindai atau foto bukti transaksi/faktur. Sebagian orang-orang Indonesia masih mementingkan bukti fisik soalnya.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan mulailah mengatur keuangan secara bijak sedini mungkin.

Tagihan

Anda bisa mengatur pengigat tagihan berulang dengan waktu dan nominal tetap. Contohnya tagihan cicilan rumah atau kendaraan yang biasanya nominalnya tetap. Perubahan-perubahan pada tagihan kadang terjadi karena perubahan kebijakan pemerintah.

Budget

Anda bisa menetapkan budget/anggaran/alokasi dana setiap bulan untuk transaksi-transaksi Anda. Misalnya Anda mengatur nominal sebesar Rp1 juta perbulan untuk membeli pakaian.

Review Money Lover, Aplikasi Manajemen Keuangan
Budget Money Lover (Foto: note.moneylover.me)

Hutang

Money Lover juga menyediakan catatan hutang dan piutang, orang lain yang meminjam uang dari kita, atau kita yang meminjam uang orang lain bisa diatur di sini. Tersedia juga pilihan jenis pembayaran dan nantinya akan dimasukkan ke dompet yang mana.

Statistik Pengeluaran

Money Lover membuat grafik sederhana yang cukup memvisualisasikan budget, pengeluaran kita setiap bulannya, pengeluaran kategori mana saja yang besar, diurutkan berdasarkan besar ke kecil.

Review Money Lover, Aplikasi Manajemen Keuangan
Statistik keuangan Money Lover (Foto: seputarfinansial.com)

Fitur ini paling menarik bagi saya, karena dari sini saya melihat kebiasaan dan mengatur pengeluaran nantinya agar tidak berlebihan pada kategori tertentu.

Selain fitur-fitur tersebut, Money Lover juga memiliki fitur lain-lain yang menarik dan tentunya penting.

Versi premium dari aplikasi yang sudah saya gunakan hampir dua tahun ini cukup dengan fitur yang ditawarkan.

Sekian ulasan kali ini, semoga bermanfaat dan mulailah mengatur keuangan secara bijak dari sekarang.