Cara Efektif Mendongkrak Keuntungan Bisnis UMKM dengan Email Marketing

Cara Efektif Mendongkrak Keuntungan Bisnis UMKM dengan Email Marketing

Bisnis apa pun yang sepenuhnya memahami kekuatan email marketing sebenarnya akan tahu cara menggunakannya dengan benar dapat mengharapkan manfaatnya.
Cara Efektif Mendongkrak Keuntungan Bisnis UMKM dengan Email Marketing
Cara Efektif Mendongkrak Keuntungan Bisnis UMKM dengan Email Marketing (Foto: unsplash.com | Stephen Phillips)

Pandemi memaksa dunia bergerak ke ranah online, dunia pemasaran pun juga ikut bergerak.

Metode pemasaran online yang populer saat ini, tidak pernah dijumpai dan berbeda jauh dengan beberapa dekade lalu.

Email Marketing adalah salah satu bentuk digital marketing tertua. Tetapi bukan berarti perintis ini ketinggalan zaman dan tidak efektif lagi.

Saat ini, email marketing masih digunakan oleh bisnis dalam segala bentuk dan ukuran. Saya ingin menggarisbawahi, karena strategi email marketing yang digunakan bisnis besar akan cenderung berbeda dengan yang digunakan oleh bisnis kecil.

Agar tidak susah, mari kita sebut bisnis kecil sebagai UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah).

Bisnis apa pun yang sepenuhnya memahami kekuatan email marketing sebenarnya akan tahu cara menggunakannya dengan benar dapat mengharapkan manfaat untuk mereka. Karena itu, berikut adalah beberapa metode email marketing yang dapat membantu UMKM.

Apa itu Email Marketing?

Seperti namanya, email marketing adalah strategi bisnis digital marketing dengan mengirimkan email promosi kepada pelanggan dan calon pelanggan.

Dengan begini, bisnis akan mendapatkan kesempatan untuk menjangkau khalayak luas – hampir semua orang saat ini memiliki alamat email – tanpa harus menginvestasikan terlalu banyak sumber daya.

Metode digital marketing ini memungkinkan bisnis menjangkau dan terhubung dengan pelanggan mereka dengan cara yang hemat waktu dan sumber daya. Metode ini juga mudah dikelola, sehingga masih menjadi salah satu bentuk digital marketing terpopuler.

Manfaat Email Marketing untuk UMKM

Seperti dijelaskan sebelumnya, strategi email marketing yang dijalankan UMKM akan berbeda sering kali berbeda dengan strategi yang digunakan perusahaan besar. Meski demikian, bukan berarti salah satunya lebih baik atau lebih efektif daripada yang lain.

Menurut Statista, sebelum pandemi COVID-19 terjadi, ada 3,9 miliar pengguna email di seluruh dunia pada 2019, dan diprediksi akan meningkat menjadi 4,3 miliar pada tahun 2023.

Jika ingin UMKM Anda terus berkembang, mengadopsi email marketing adalah sebuah keharusan.

Cara Efektif Mendongkrak Keuntungan Bisnis UMKM dengan Email Marketing
Sumber: Oberlo

Perlu ditekankan bahwa UMKM cenderung lebih diuntungkan dalam email marketing daripada perusahaan besar. Ini karena kecenderungan pelanggan lokal yang lebih mempercayai bahwa mereka benar-benar terhubung dengan UMKM daripada dengan bisnis besar.

Mengapa Harus Menggunakan Email Marketing?

Sederhananya, email marketing adalah cara paling hemat biaya untuk menjangkau pelanggan. UMKM sendiri umumnya tidak memiliki terlalu banyak sumber daya, sehingga metode ini masih cukup masuk akal.

Selain itu, metode ini memberikan ROI (return of investment, bahasa Indonesia: pengembalian investasi) lebih signifikan karena investasi email marketing cukup minim.

Email marketing memungkinkan Anda mengirim berbagai jenis promosi kepada pelanggan. Ini berpotensi meningkatkan eksposur Anda dan meningkatkan loyalitas pelanggan, yang secara positif akan memengaruhi pendapatan.

Cara Memulai Email Marketing

Mari kita lihat bagaimana cara memulai email marketing.

Pilih Penyedia Email Marketing

Langkah pertama dalam daftar adalah memilih penyedia layanan email marketing.

Anda perlu melihat berbagai aspek sebelum menentukan pilihan dan menemukan penyedia terbaik untuk bisnis Anda. Mereka biasanya menyediakan berbagai paket dengan harga dan fitur bervariasi.

Anda perlu melihat fitur apa yang benar-benar Anda butuhkan dan mencocokkannya dengan penyedia email marketing.

Pastikan juga perangkat lunak yang ditawarkan oleh penyedia layanan itu ramah pengguna sehingga tidak sulit untuk mengoperasikannya.

Selain itu, Anda juga harus menanyakan tentang layanan tambahan yang tersedia, seperti tool analisis dan segmentasi, serta dukungan pelanggan yang dapat Anda andalkan.

Setelah Anda menemukan penyedia layanan email marketing yang menawarkan semua aspek ini – dan Anda sepenuhnya puas dengan apa yang Anda dapatan – Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

Tentukan Strateginya

Strategi email marketing yang Anda pilih akan menentukan seberapa sukses usaha Anda nantinya.

Dalam email marketing, ada berbagai strategi yang dapat Anda pilih. Email yang dipersonalisasikan cukup populer di kalangan konsumen, karena pelanggan pada umumnya semakin tidak tertarik dengan promosi umum.

Segmentasi pelanggan adalah strategi lain yang memungkinkan Anda memberikan penawaran yang lebih dipersonalisasikan dan menargetkan kelompok pelanggan tertentu dengan penawaran khusus.

Selain itu, pastikan Anda juga mengingat pengguna seluler saat membuat penawaran email.

Dengan begitu banyak pilihan, Anda tidak akan kesulitan menemukan strategi yang cocok untuk bisnis kecil Anda.

Kembangkan Prospek Anda

Itu sebabnya Anda perlu memastikan bahwa Anda memberikan perhatian khusus kepada mereka.

Di sini, segmentasi email akan memainkan peran penting, karena memungkinkan Anda untuk membagi prospek Anda ke dalam grup berdasarkan minat dan kemungkinan mereka untuk berkonversi. Setelah Anda menentukan grup ini, Anda dapat mengirimi mereka email yang dipersonalisasi untuk lebih mendorong mereka mengambil tindakan yang diinginkan.

Sekarang, karena halaman arahan Anda adalah titik akhir dari upaya email marketing Anda, Anda perlu memastikan bahwa itu akan mendorong prospek Anda lebih jauh daripada menyebabkan mereka terpental. Itulah mengapa Anda perlu memastikan bahwa situs web Anda memiliki desain yang sempurna, karena akan berfungsi sebagai etalase online Anda.

Jika ini adalah sesuatu yang tidak terlalu Anda kuasai, carilah profesional lokal untuk membantu Anda. Menyewa perusahaan yang berspesialisasi dalam pengembangan web, misalnya, akan memungkinkan Anda terhubung dengan pelanggan lokal dengan lebih mudah jika bisnis Anda beroperasi di area ini.

Sertakan Keikutsertaan yang Menarik

Inti dari upaya email marketing Anda adalah mencoba dan menarik lebih banyak pelanggan dengan cara Anda. Meskipun ini tidak selalu mudah dicapai, Anda perlu memberi pelanggan Anda alasan untuk berlangganan email dari Anda.

Anda perlu membuat keikutsertaan yang menarik di sepanjang garis yang seharusnya gratis, tentu saja. Jenis keikutsertaan yang Anda putuskan akan sepenuhnya bergantung pada pelanggan Anda serta minat dan kebutuhan mereka.

Namun, penting untuk dicatat bahwa ini akan mengharuskan Anda untuk melangkah lebih jauh dengan upaya pemasaran Anda dan menemukan cara untuk meningkatkan eksposur Anda dan menjangkau orang-orang yang mungkin tidak mengetahui bisnis Anda.

Dan di situlah langkah blogging di Pelanggan, secara umum, lebih memilih bisnis yang tidak hanya mencoba mendorong promosi mereka ke tenggorokan pelanggan tetapi juga menawarkan sesuatu yang bernilai.

Sekarang, sementara membuat artikel blog yang menarik terkadang memakan waktu, Anda dapat dengan mudah mengandalkan plugin blog tamu WordPress untuk membantu Anda. Dengan cara ini, Anda berpotensi menjangkau pelanggan yang lebih luas dan – ketika dipasangkan dengan keikutsertaan yang menarik – mengamankan daftar kontak yang lebih luas.

Kirim Buletin Mingguan

Kepuasan pelanggan memainkan peran besar dalam bisnis apa pun, tidak peduli ukurannya. Itu sebabnya bisnis apa pun harus sejujur – dan setransparan mungkin. Salah satu cara termudah untuk mencapai ini dengan pemasaran email adalah dengan mengirimkan buletin mingguan.

Newsletter memungkinkan Anda untuk berbagi konten yang relevan dengan pelanggan Anda, yang – pada gilirannya – menawarkan nilai yang besar bagi mereka. Dengan cara ini, Anda dapat memberi tahu pelanggan tentang perubahan atau promosi yang akan datang, penawaran khusus, penjualan, dan sebagainya.

Tentu saja, di sini juga, Anda ingin memastikan bahwa buletin tepat sasaran, relevan, dan dioptimalkan dengan baik.

Cara Efektif Mendongkrak Keuntungan Bisnis UMKM dengan Email Marketing
Cara Efektif Mendongkrak Keuntungan Bisnis UMKM dengan Email Marketing

Keuntungan Email Marketing Lainnya

Selain semua yang dijelaskan sebelumnya, email marketing juga memiliki manfaat khusus bisnis yang kuat.

Jadi, berikut adalah beberapa keuntungan khusus bisnis menggunakan pemasaran email sebagai bisnis kecil.

ROI yang Bagus

Seperti disebutkan sebelumnya, email marketing menawarkan ROI yang bagus karena umumnya tidak memerlukan investasi besar di muka.

Menurut penelitian, ROI email marketing yang diharapkan adalah sekitar 122%, yang hampir empat kali lebih besar daripada strategi pemasaran lainnya. Tak perlu dikatakan, ini adalah berita bagus untuk usaha kecil, karena bentuk pemasaran digital ini akan secara signifikan meningkatkan laba mereka.

Hemat Waktu dan Uang

Sejujurnya, pemasaran email tidak memerlukan waktu yang hampir sama – atau, seperti yang dikatakan sebelumnya, uang – seperti yang dilakukan oleh upaya pemasaran digital lainnya.

Tentu saja, ini bukan untuk mengatakan bahwa Anda harus mendekati upaya ini sebagai hal yang sudah selesai. Meskipun Anda harus tetap mengikuti tren saat ini dan fokus pada perubahan apa pun di lapangan, Anda akan menghabiskan lebih sedikit dari kedua sumber daya ini untuk email marketing.

Peningkatan Penjualan

Pada akhirnya, semakin sukses Anda dengan upaya email marketing Anda, semakin besar penjualan Anda.

Membantu memandu pelanggan Anda melalui saluran penjualan akan membuat perbedaan besar dalam kesuksesan bisnis Anda secara keseluruhan, dan cara termudah untuk memulai adalah dengan kampanye email marketing yang dirancang dengan baik.

Meskipun salah satu bentuk pemasaran digital tertua, email marketing masih memainkan peran besar dalam dunia bisnis.

Jadi, jika Anda mencari strategi digital marketing yang baik yang akan membantu Anda meningkatkan bisnis kecil Anda, tidak perlu mencari yang lain selain email marketing.

Referensi:
www.bloggerspice.com