Microsoft Umumkan Windows 11 Secara Resmi, Apa Saja yang Ditawarkannya?

Windows 11 hadir dengan desain baru, menu Start baru, dan banyak lagi hal baru.
Windows 11
Microsoft Umumkan Windows 11 Secara Resmi

Microsoft secara resmi mengumumkan nama baru untuk rilis sistem operasi mereka hari ini: Windows 11.

Windows baru ini hadir dengan banyak fokus pada penyederhanaan antarmuka Windows, Windows Store baru, peningkatan kinerja, dan multitasking.

Salah satu fitur unggulannya adalah kemampuan untuk menjalankan aplikasi Android untuk pertama kalinya.

Perbedaan dari Edisi Sebelumnya

Hal pertama yang berbeda dari Windows 11 adalah posisi tombol Start dan menu Start baru yang letaknya di tengah taskbar.

Tampilan antarmuka ini mirip dengan proyek Windows 10X yang akhirnya dibatalkan. Windows 10X seharusnya jadi OS Windows pertama yang bisa menjalankan aplikasi Android

Windows 11 Windows 11 Windows 11
Windows 11
Windows 11 Windows 11 Windows 11 Windows 11 Windows 11 Windows 11 Windows 11 Windows 11 Windows 11 -  XBOX Windows 11 - Windows Store Windows 11 - Adobe Creative Cloud di Windows Store Windows 11 - Tiktok di Windows Store

Menu Start ala Live Tiles yang ada sejak Windows 8 tidak lagi digunakan. Windows 11 hadir dengan launcher yang khas ditemukan pada Chrome OS dan Android.

Microsoft juga memperbarui ikon aplikasi, dokumen, dan antarmuka pencarian. Sebagian besar perubahan ini dipengaruhi oleh macOS dan Chrome OS dengan ikon lebih membulat ala Android dan iOS.

Microsoft Snap Layouts

Snap Layouts di Windows 11
Snap Layouts di Windows 11.

Windows 11 menghadirkan Snap Layouts yang memungkinkan pengguna dengan cepat memasukkan aplikasi ke berbagai mode. OS ini juga akan mengingat di mana aplikasi pengguna tersimpan, berkat sesuatu yang disebut Snap Groups.

Hal ini akan berguna jika pengguna memiliki banyak monitor. Dukungan banyak monitor adalah salah satu hal yang dipromosikan sebagai keunggulan Windows 11.

Kinerja lebih Baik

Kinerja juga merupakan fokus terbesar untuk Windows 11. Pembaruan Windows 40 persen lebih kecil dan lebih efisien karena sekarang terjadi di latar belakang.

Integrasi

Microsoft Teams

Teams terintegrasi langsung ke bilah tugas, memungkinkan pengguna Windows 11 untuk menelepon teman, keluarga, atau rekan kerja.

Microsoft Teams di Windows 11
Microsoft Teams di Windows 11.

Jelas bahwa ini adalah perubahan besar dari Skype, yang dibundel sebagai bagian dari Windows, dan bahkan ada tombol bisu universal di system tray sehingga Anda dapat dengan mudah menonaktifkan mikrofon di semua aplikasi.

Widget Windows Baru

Widget adalah feed yang dipersonalisasi, didukung oleh AI, dan dibangun di atas widget yang telah Microsoft perkenalkan di Windows 10. Ini meluncur dari sisi kiri Windows 11, dan Anda juga dapat menjadikannya layar penuh. Widget bawaan mencakup umpan berita, cuaca, dan peta.

Widget di Windows 11
Widget di Windows 11.

Microsoft juga meningkatkan gerakan yang dapat Anda gunakan di tablet dan target sentuh. Alih-alih beralih ke mode tablet, Windows 11 hanya beradaptasi untuk memungkinkan Anda menyentuh OS dengan mudah.

Ditambah dengan ini adalah peningkatan pada tinta dan pengetikan suara. Dengan pena tertentu, Windows 11 juga akan mendukung umpan balik haptic di sini. Itu bisa berarti pegguna akan melihat banyak perangkat keras baru yang akan mendukung perubahan stylus ini di Windows 11.

Game XBOX di Windows 11

Xbox adalah bagian besar dari Microsoft, dan kami juga mendengar dari eksekutif Xbox Sarah Bond tentang game PC dengan Windows 11. Auto HDR, fitur di Xbox Series X / S, akan menjadi bagian dari Windows 11. Mengaktifkan Auto HDR akan menambahkan rentang dinamis tinggi (HDR) ke sejumlah besar game DirectX 11 dan DirectX 12 selama Anda memiliki monitor HDR yang kompatibel.

XBOX di Windows 11
XBOX di Windows 11.

Microsoft juga menjanjikan peningkatan kecepatan dan kinerja untuk Windows 11. DirectStorage akan menjadi bagian dari Windows 11, fitur baru yang besar dari Xbox Series X / S. DirectStorage akan memerlukan drive NVMe terbaru untuk mempercepat waktu pemuatan game di Windows 11, dan pengembang game perlu mengaktifkan teknologi ini untuk meningkatkan waktu muat lebih jauh.

Xbox Game Pass juga sedang diintegrasikan ke dalam Windows 11, berkat aplikasi Xbox baru yang telah diuji perusahaan selama berbulan-bulan. Ini juga termasuk xCloud yang terintegrasi ke dalam aplikasi Xbox ini, sehingga Anda juga dapat melakukan streaming game dari cloud Microsoft.

Windows Store Baru

Windows Store di Windows 11
Windows Store di Windows 11.

Terakhir, salah satu bagian terbesar dari Windows 11 adalah penyimpanan dan dukungan baru untuk aplikasi Android di Windows. Microsoft Store didesain ulang dan akan mendukung seluruh host aplikasi yang biasanya tidak tersedia di toko aplikasi Windows. Itu termasuk aplikasi dari Adobe Creative Suite, dan aplikasi Android termasuk TikTok dan Instagram.

Pengembang dapat menggunakan "mesin perdagangan" mereka sendiri, dan Microsoft tidak akan memotongnya; pengembang bahkan dapat menggunakan sistem pembayaran mereka sendiri jika mereka mau. "Windows selalu berdiri untuk kedaulatan pencipta," kata CEO Microsoft Satya Nadella.

Dukungan Android

Berita terbesar di sini adalah bahwa Windows 11 juga akan menjalankan aplikasi Android. Microsoft telah bermitra dengan Amazon dan Intel untuk mewujudkannya, dan Windows 11 akan menggunakan teknologi Intel Bridge untuk mewujudkannya.

Windows Store dengan dukungan aplikasi Android di Windows 11
Windows Store dengan dukungan aplikasi Android di Windows 11.

Microsoft mendemonstrasikan TikTok dan aplikasi Android lainnya yang berjalan bersama aplikasi Windows di Windows 11, dan perusahaan berencana untuk membagikan lebih banyak informasi tentang ini "dalam beberapa bulan mendatang."

Belum ada tanggal rilis untuk Windows 11, tetapi Microsoft telah berjanji untuk menyediakannya sebagai peningkatan gratis untuk pengguna Windows 10 pada liburan ini.

Referensi:
theverge.com