Berapa Besar RAM Komputer yang Ideal Digunakan?

Berapa Besar RAM Komputer yang Ideal Digunakan?

Anggapan bahwa "semakin besar RAM maka sistem akan semakin responsif dan kencang" tak bisa selamanya dianggap benar.
Berapa Besar RAM Komputer yang Ideal Digunakan?

Judul pada artikel ini adalah pertanyaan yang sering muncul di kalangan pengguna komputer, termasuk saya sendiri.

Sebagai mahasiswa dari perguruan tinggi komputer, saya tentunya sering ditanyakan pertanyaan seperti ini.

Pertanyaan ini mirip dengan ketika kamu membeli BBM untuk mobil, terkadang kamu ragu apakah membeli sepenuh tangki atau membeli dengan jumlah yang ditentukan sebelum datang ke SPBU, misalnya membeli 10 liter atau seratus ribu rupiah.

Tidak ada jawaban yang pasti berapa yang harus kamu beli karena ada banyak faktor yang menentukan. Semua tergantung pada beberapa hal seperti:

  • Seberapa jauh kamu harus pergi?
  • Seberapa cepat kamu ingin sampai?
  • Bagaimana kontur jalannya?
  • Apakah jalannya datar, menurun, atau mendaki?
  • Apakah kamu akan berjalan di jalan tol atau melewati lalu lintas padat?
  • Bagaimana kondisi kendaraan kamu?
  • Berapa orang penumpangnya?
  • Berapa jarak SBPU berikutnya?
  • Bagaimana kondisi kelangkaan BBM di daerah yang kamu lalui?
  • dll.

Perlu kamu ingat juga, membeli banyak BBM akan membuat kendaraan lebih berat dan membuat mesin bekerja lebih keras.

Membeli BBM sebanyak 10 liter atau seratus ribu rupiah mungkin akan terlalu berlebihan atau bahkan tidak cukup.

Ah, tapi kan kita tidak akan mengikuti kompetisi sekelas Formula 1. Jadi tidak usah pusing, beli saja sepenuh tangki.

Kembali ke persoalan RAM (Random Access Memory) tadi, hal-hal terkait dengan RAM memiliki "ukuran" dan "kecepatan" yang harus disesuaikan dengan persyaratan sistem perangkat lunak yang kamu jalankan.

Tergantung apa yang kamu jalankan. Misalnya kamu menggunakan RAM 4 GB, bagi beberapa sistem itu akan berlebihan (overkill). Akan tetapi, bagi yang lain bisa jadi sangat sesuai atau bahkan tidak memadai sama sekali.

Anggapan bahwa "semakin besar RAM maka sistem akan semakin responsif dan kencang" tak bisa selamanya dianggap benar, ukuran yang besar belum tentu memberikan efek performa yang signifikan.

Lantas, seberapa besar RAM ideal yang kamu butuhkan untuk komputer? Apalagi, saat ini PC hingga laptop hadir dengan RAM 2GB, 4 GB, 64 GB, bahkan 128GB.

Dilansir dari Techspot yang melakukan pengujian performa sistem. Pengujian ini dilakukan menggunakan perangkat dengan RAM 4GB, 8GB dan 16GB yang dibekali dengan sistem operasi Windows 10.

Setiap komputer dengan RAM berbeda akan menjalankan dua buah browser, memainkan game super berat dan 65 tabs yang terbuka di background.

Berapa Besar RAM Komputer yang Ideal Digunakan?

Selain itu, komputer dengan RAM berbeda-beda itu juga dites dengan membuka aplikasi Postbox, Photoshop, Microsoft Word dan Exel, Dropbox hingga program yang sering digunakan lainnya. Semua dibuka bersamaan dalam background untuk mengetahui perbedaan kinerja RAM 4 GB, 8 GB dan 16 GB.

Berapa Besar RAM Komputer yang Ideal Digunakan?

Hasilnya komputer dengan RAM 16GB tidak mengalami lag atau panas yang berlebihan. Program yang dibuka pun berjalan dengan lancar tanpa halangan meski cukup banyak. Sementara itu, pada komputer dengan RAM 4GB, performa tampak tersendat, namun masih layak untuk penggunaan harian.

Dari tes ini, komputer dengan RAM 16GB mengalami peningkatan performa yang cukup baik dan cocok untuk editing video atau multitasking aplikasi berat lainnya. RAM 16GB juga mumpuni dan cocok untuk mengkompres berkas besar dengan 7-zip.

Jadi, bila kamu berencana membeli komputer atau laptop baru atau meng-upgrade komputer atau laptop kamu, sesuaikan dengan kebutuhan perangkat lunak yang kamu akan jalankan. Hal ini lebih baik daripada kamu memulai dengan ukuran RAM tertentu dan bertanya-tanya apakah itu cukup.