Cara Mudah Melihat Informasi COVID-19 di Google

Cara Mudah Melihat Informasi COVID-19 di Google

Google menampilkan Informasi tentang statistik COVID-19, vaksinasi dan peta sebarannya lewat layanannya: Google Search, Google News dan Google Maps.
Cara Mudah Melihat Informasi COVID-19 di Google
Cara Mudah Melihat Informasi COVID-19 di Google

Google selalu berinovasi dengan misinya "mengelola informasi dunia dan membuatnya bisa diakses secara universal dan berguna" atau "to organize the world's information and make it universally accessible and useful" dalam bahasa Inggris.

Usaha Google ini juga termasuk menampilkan informasi COVID-19 yang sudah hampir dua tahun melanda dunia. Bahkan sampai sekarang belum terlihat kapan pandemi ini akan berakhir.

Google menyajikan informasi COVID-19 dan vaksinasi di hasil pencariannya dengan sajian yang menarik dan mudah dipahami.

Mesin pencari ini menampilkan informasi tentang statistik COVID-19, vaksinasi, dan peta sebarannya lewat layanan mereka. Layanan itu di antaranya: Google Search, Google News, dan Google Maps.

Informasi COVID-19 di Google Search

Mencari Informasi COVID-19

Mencari informasi COVID-19 di Google cukup dengan mengketikkan pola "corona Namanegara" misalnya "Corona Indonesia".

Anda akan mendapatkan informasi dan berita terbaru tentang COVID-19, statistik, disertai beberapa informasi lain yang relevan.

Statistik COVID-19 di Google
Tampilan statistik COVID-19 di Indonesia dari hasil pencarian Google.

Mencari Informasi Vaksinasi COVID-19

Untuk mencari informasi vaksinasi COVID-19, Anda cukup mengetik "Vaksinasi COVID-19 Indonesia", untuk melihat vaksinasi di negara lain maka ketik "Vaksinasi COVID-19 NamaNegara".

Informasi vaksin COVID-19 di Google
Informasi vaksinasi COVID-19 di hasil pencarian Google.

Informasi COVID-19 di Google News

Informasi Sebaran Covid di Google News

Untuk mengakses informasi COVID-19 di Google News, kita harus mengakses halaman khusus COVID-19 di https://news.google.com/COVID-19/map.

Halaman ini secara lengkap menampilkan informasi kasus secara total dan kasus 14 hari ke belakang, selain itu terdapat statistik tentang kasus baru, kematian, vaksinasi dan mobilitas penduduk.

Halaman khusus COVID-19 di Google News.
Halaman khusus COVID-19 di Google News.

Informasi COVID-19 di Google Maps

Trend Penyebaran COVID-19 di Google Maps

Ketika Anda membuka Google Maps, pilih "Layers" atau Lapisan lalu pilih Lainnya maka akan muncul tampilan seperti berikut ini.

Layer khusus COVID-19 di Google Maps.
Layer khusus COVID-19 di Google Maps.

Klik ikon layer Info COVID-19 untuk menampilkan informasi COVID-19. Anda akan ditunjukan trend perkembangan COVID-19 tiap negara.

Jika grafik mini menunjukan panah ke atas berarti trend COVID-19 dinegara itu cenderung naik, jika arah panah menunjukan arah ke bawah artinya trend COVID-19 di negara itu turun.

Saat ini Google Maps belum bisa menampilkan informasi trend per provinsi. Namun, kemungkinan grafik sebaran per provinsi akan muncul di update Google Map selanjutnya.

Tampilan dari Trend Covid di setiap negara bisa dilihat pada gambar berikut ini. Anda bisa mencobanya langsung di maps.google.com

Layer khusus COVID-19 di Google Maps.
Layer khusus COVID-19 di Google Maps.

Semoga dengan informasi ini anda dengan mudah mendapatkan informasi COVID-19 tanpa harus bolak balik baca berita dan website khusus yang menampilkan informasi COVID-19.

Semoga bermanfaat dan mari kita beriktiar dengan menerapkan prokes dan berdoa agar COVID-19 segera hilang dari bumi ini.

Referensi: candra.web.id