Ngapain Aja di Hari Blogger Nasional 2021?

Ngapain Aja di Hari Blogger Nasional 2021?

Setiap tahunnya, tanggal 27 Oktober diperingati sebagai Hari Blogger Nasional sejak tahun 2007.
Hari Blogger Nasional

Setiap tahunnya sejak tahun 2007, tanggal 27 Oktober diperingati sebagai Hari Blogger Nasional. Penetapan Hari Blogger Nasional ini dilakukan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia (Menkominfo), Mohammad Nuh.

Tulisan ini akan memuat kilas balik saya dalam dunia blog dan pekerja teks komersial.

Saya tahu berita soal Hari Blogger Nasional ini saat itu, tapi memang saya tidak terlalu menggubrisnya. Tahun itu saya masih kelas 1 SMP, dan tinggal di kota yang saat itu masih belum terlalu terhubung dengan teknologi informasi.

Seingat saya, bahkan Telkom Speedy (kakaknya Indihome yang sudah meninggal) masih belum masuk ke Kota Sawahlunto pada tahun 2007.

Meski demikian, saat itu memang sedang hangat-hangatnya dibahas hal-hal yang berbau teknologi informasi karena DPR RI sedang menggodok Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) yang disahkan setahun kemudian.

Undang-undang ini kelak menjadi salah satu UU yang bisa ditarik ke mana saja, bisa dipakai siapa saja untuk menjerat siapa saja, tak terkecuali Presiden Indonesia.

Jadi, tidak salah saya juga melek dengan hal-hal yang berbau komunikasi dan informatika. Toh, blog merupakan media komunikasi yang dijalankan dengan ilmu informatika.

Saya sendiri mulai nge-blog tahun 2005 di platform Blogger.

Lantas, setelah sekian lama, apa saja yang sudah dilakukan sebagai blogger?

Menjadi Blogger Profesional

Dari tahun 2005 - 2012, saya masih menulis di blog semata hanya karena hobi menulis. Blog melatih saya menulis dengan baik dan benar, minimal akrab dengan Ejaan Yang Disempurnakan.

Mungkin kerena saking percayanya, saya bahkan hampir selalu diikutkan guru dalam berbagai kegiatan sastra, susastra, kesastraan, dan kesusastraan selama masa SMP dan SMA.

Blog menjadi tempat untuk berbagi apa yang saya temui dan pikirkan. Jangan lupa, blog sejatinya adalah media sosial yang tidak ada bedanya dengan Facebook atau Twitter.

Saya mulai mengkomersialisasikan blog memang sekitar tahun 2013, saat saya mulai kuliah di Kota Padang. Saya mulai memasang tulisan bersponsor di blog ini pada 2013. Tahun 2015, blog ini mulai dipasang AdSense.

Dan mulailah saya bisa dianggap blogger profesional karena menerima uang dari kegiatan menulis di blog.

Meski tidak rutin lagi mengisi blog ini (karena ada situs web juga di sebelah yang saya isi), saya masih merasa betah dan semoga bisa terus mempertahankan euforia menulis di blog ini.

Membangun Relasi

Saya tergabung dengan komunitas blogger di Kota Padang, Palanta, meski hanya sebatas di grup media sosial mereka pada tahun 2013.

Saya merasakan suasana baru dari berkunjung ke blog teman-teman di komunitas tesebut. Mereka memiliki gaya masing-masing dalam menulis di blog, ada yang serius, ada juga yang lebih santai.

Walaupun lebih banyak menjadi silent reader pada kunjungan tersebut, saya dapat merasakan hal baru dari setiap kunjungan. Terlebih dari mereka yang aktif dalam menulis di blog.

Merayakan Hari Blogger Nasional

Masih dalam rangka merayakan Hari Blogger Nasional 2021, saya kembali diingatkan untuk aktif menulis di blog ini. Menulis bukan sekedar untuk mendatangkan pengunjung dari hasil pencarian Google tetapi menulis dengan tujuan untuk saling berbagi.

Tahun ini saya juga akhirnya pindah ke Blogger alih-alih tetap di WordPress.org dan membeli tema Blogger untuk blog ini. Soalnya tidak mungkin menggunakan tema WordPress di platform Blogger.

Meski masih di tengah pandemi, yang membuat Kota Padang tahun ini masih diliputi PPKM Level 4 dalam waktu lama. Dunia kepenulisan terus berkembang dan berjalan tiada henti. Hanya medianya yang berganti, kerena saat ini aktivitas lebih banyak dilakukan secara daring.

Sudah cukup rangkaian kata-katanya, selamat memperingati Hari Blogger Nasional untuk seluruh teman-teman blogger.