Keuntungan Menjadi anakUI

Keuntungan Menjadi anakUI

Ini adalah keuntungan yang bakal kamu dapatkan sebagai mahasiswa Universitas Indonesia (anakUI).
Universitas Indonesia
Keuntungan Menjadi anakUI

Setengah tahun setelah wisuda sarjana di Universitas Andalas pada Agustus 2018, saya mencoba peruntungan dengan mengikuti SIMAK pada November 2018. Lalu secara ajaib lolos seleksi masuk pascasarjana di Universitas Indonesia.

Kalau mau tahu cerita perkuliahan saya, silakan di baca di sini. Artikel ini sempat ada di urutan ke 2 untuk kata kunci "MTI UI" di Google di bawah situs resmi program studinya.

Kali ini saya akan membuat apa-apa saja yang bakal kamu dapatkan sebagai mahasiswa Universitas Indonesia.

Karena saya melanjutkan perkuliah di Magister Teknologi Informasi, jadi di sini saya hanya akan membahas keuntungan menjadi anak UI yang berkaitan dengan teknologi informasi.

Mungkin ada hal yang tidak saya update atau tertinggal, silakan langsung disampaikan di kolom komentar.

Akun Email Unlimited Gratis

Mungkin saat ini kebanyakan kampus sudah menyediakan akun email berakhiran @xxx.ac.id bagi mahasiswanya. Tetapi, kalau kamu tanya petugas Pusilkom UI yang sudah lama bekerja di sana, mereka bakal cerita kalau dulu UI pernah sangat membanggakan ini.

Ya, dulunya masih jarang kampus yang punya peladen 'server' buat menampung surel sekampus.

Webmail UI

Eits, tunggu dulu.

Fokus artikel ini bukan ke sana, tetapi ke mailbox yang dikelola oleh Google dan Microsoft. Iya, kamu bakal dapat 2 akun email untuk Google (ui.ac.id) dan Microsoft (office.ui.ac.id) setelah mengganti mailbox yang digunakan di beranda.ui.ac.id.

Webmail UI

Caranya:

  1. Masuk ke beranda.ui.ac.id
  2. Di sebelah kiri (bagian tab profile), klik opsi "Surat Elektronik"
  3. Pilih opsi layanan Mailbox Gmail (gmail.ui.ac.id)
  4. Buka gmail.ui.ac.id dan login seperti biasa. Nanti kamu bakal dialihkan ke SSO UI.

Apa yang bakal kamu dapatkan dari akun email UI ini?

Jawabannya bakal panjang. Intinya, begitu kamu migrasi ke GMail, kamu langsung mendapatkan unlimited storage Google Drive. Google Drive bakal terhubung ke kapasitas penyimpanan email. Kamu bisa menggunakan akun email UI layaknya akun Google, dan menggunakan beragam layanan premium dari Google.

Microsoft 365® For Education Gratis

Kamu tinggal membuka akun UI di portal.office.com, kamu bisa login dengan [email protected] Berikutnya kamu bakal dialihkan ke SSO UI dan akan mendapatkan email baru @office.ui.ac.id.

Office 365 A3 for Student

Selain bisa menggunakan Office 365, kamu bakal mendapatkan 5TB OneDrive storage. Lumayan kan buat simpan backup karya akhir lengkap sama segala tetek bengek perkuliahan.

Kampus saya dulu, Universitas Andalas sekarang juga menggunakan email Microsoft tetapi tidak otomatis mendapatkan Office 365. Akun Office 365 dan Windows harus diminta manual ke kakak-kakak di LPTIK. Zaman saya kuliah dulu masih dapat email [email protected], tapi sekarang dapatnya [email protected] Ya, suka-suka petugas LPTIK lah.

Akses Jurnal Berbayar Gratis

Dengan memanfaatkan REMOTE-LIB (remote-lib.ui.ac.id), kamu bakal bisa mengakses beragam jurnal berbayar. Hal ini karena UI sudah melanggan puluhan jurnal yang bakal berguna.

Kamu cukup masuk menggunakan akun SSO dan mengeklik nama jurnal yang bakal diakses melalui daftar yang disediakan REMOTE-LIB. Selanjutnya, kamu bakal dialihkan ke halaman jurnalnya.

Beberapa jurnal berbayar juga bisa diakses apabila kamu login menggunakan email UI.

Remote-LIB UI

Kamu juga bisa mendapatkan jurnal lain dengan menyalin tautan DOI-nya, silakan lihat caranya di sini.

Reference Manager EndNote X9 Premium Gratis

Reference Manager adalah tools yang membantu kamu untuk membuat sitasi di jurnal atau karya ilmiah lainnya. Sebagai mahasiswa UI, kamu bakal mendapatkan lisensi EndNote X9 gratis dari Layanan Pencegahan Plagiarisme Perpustakaan Universitas Indonesia.

Memang ada yang gratis seperti Mendeley, tetapi tidak ada salahnya juga menggunakan tools berbayar selama bisa didapatkan secara legal tetapi gratis.

Untuk mendapatkan lisensi EndNote X9, kamu bisa mengunjungi tautan berikut: s.id/endnote_ui.

Baca e-Paper Kompas Gratis

Ini emang ga penting-penting amat, tetapi rasanya sayang untuk dilewatkan.

Saya adalah salah satu pembaca setia media massa yang didirikan Petrus Kanisius Ojong, seorang wartawan kelahiran Bukittinggi ini.

Saya pernah berlangganan Kompas edisi cetak dari SMA hingga awal masa kuliah S1.

Untuk mengakses e-Paper Kompas secara gratis, kamu bisa membuka epaper.kompas.id di jaringan internet UI.

CamScanner Premium Gratis

CamScanner adalah aplikasi yang mempermudah penggunanya untuk men-scan ID, berkas, cover buku atau apapun sesuai dengan kebutuhan kita.

Memang sekarang kebanyakan smartphone sudah menyediakan aplikasi sejenis secara bawaan. HP saya sendiri, Xiaomi dan Nokia sudah mengintegrasikan aplikasi kameranya dengan scanner. Tetapi selama ada yang premium dan gratis, kenapa tidak dimanfaatkan?

CamScanner Premium

Kamu cukup membuat akun dengan email UI, dan secara otomatis akan mengaktifkan CamScanner Premium. Sehingga akan bebas watermark CamScanner, bebas iklan, plus mendapatkan cloud sebesar 1,20 GB sebagai bonus.

Domain dan Hosting Cloud Gratis

Untuk mendapakan ini, kamu harus menghubungkan akun GitHub terlebih dahulu dengan akun UI. Akan lebih baik jika dari awal kamu menggunakan akun UI, sehingga tidak harus mengajukan permohonan aktivasi akun Student secara manual, tutorialnya bisa dilihat di sini.

Info lebih lengkap terkait penawaran Github Student Developer Pack bisa kamu lihat di sini.

Canva Pro Gratis

Saya tidak akan membahas banyak soal Canva Pro, silakan dibaca di sini. Saya juga sudah menjelaskan panjang lebar soal perbedaan Canva biasa dan Canva Pro pada artikel tersebut.

Canva Pro gratis untuk satu tahun ini adalah bagian dari Github Student Developer Pack yang dibahas sebelumnya.

Notion Personal Pro Plan (Education) Gratis

Notion adalah all-in-one workspace buat catatan dan pekerjaan kamu di bidang tech industry. Udah, dicoba dulu aja, fiturnya juga lebih lengkap dari Trello.

Notion Personal Pro Plan (Education)

Kamu cukup membuat akunnya menggunakan email UI, dan secara otomatis bakal aktif Notion versi Personal Pro Plan (Education).

Spotify Premium untuk Pelajar

Sesekali juga butuh refreshing 'kan? Mendengarkan musik adalah salah satu caranya.

Tahu kan betapa nyebelin-nya mendengar iklan Spotify? Untuk terbebas dari iklan menjengkelkan tersebut, kamu bisa menggunakan paket Spotify Premium Student yang harganya sedikit lebih murah dari paket biasa.

Spotify Premium untuk Pelajar

YouTube Premium + Music Student

Menonton video dari YouTube mungkin juga bisa dikatakan salah satu bentuk refreshing yang sering saya lakukan.

Kamu bisa mengakifkan paket ini dengan melihat panduan berikut ini.

YouTube Premium

Coursera untuk Paket Mahasiswa Kampus Gratis

Apabila kamu mendaftar Coursera dengan email UI, kamu bakal mendapatkan akses ke paket Coursera for Campus Student gratis tanpa batas dan mendapatkan 1 kursus gratis per tahun.

Sebagai informasi, rata-rata paket kursus di Coursera bisa hampir Rp 1 juta per kursusnya.

Kamu bisa mendaftar di Coursera dengan akun email UI di sini.

Coursera untuk Paket Mahasiswa Kampus

Itu dulu unuk sementara, mungkin bakal saya update lagi kalau ketemu yang lainnya.

Semangat untuk kuliahnya meski tengah menghadapi pandemi Novel Coronavirus yang tidak ada habisnya.

Info Penting!

Per tanggal 31 Oktober 2021, email bagi mahasiswa, alumni, dosen dan staf dengan akhiran @ui.ac.id akan dinonaktifkan dengan ketentuan seperti pada nota dinas berikut:

Email UI

Referensi:
- gabriellejane.wordpress.com
- timeline.line.me