Cara Mengatasi Windows 11 Tidak Bisa Dimatikan (Shutdown) - ZAKIY.my.id
Diskon hingga 80% untuk web hosting Indonesia terbaik. Get It Now!

Cara Mengatasi Windows 11 Tidak Bisa Dimatikan (Shutdown)

Solusi sistem operasi Windows 11 di komputer Anda yang tidak bisa dimatikan (Shutdown).
- 21:38 WIB
Cara Mengatasi Windows 11 Tidak Bisa Dimatikan (Shutdown)
Cara Mengatasi Windows 11 Tidak Bisa Dimatikan (Shutdown)

Windows 11 kerap memberikan bug bagi penggunanya. Hal ini karena sistem operasi ini sendiri yang masih dalam tahap pengembangan.

Beberapa waktu lalu, pengguna mendapatkan bug di mana ikon di taskbar tidak muncul setelah melakukan update Windows 11. Saat itu Microsoft langsung memberikan solusi di blog mereka.

Salah satu bug yang juga sering muncul adalah Windows 11 tidak bisa dimatikan. Artikel kali ini akan membahas penyebab dan solusi bagi komputer Windows 11 Anda yang tidak bisa dimatikan.

Daftar Isi

Mengapa Komputer Tidak Bisa Dimatikan?

Komputer yang tetap menyala ketika Anda mencoba mematikannya seringkali disebabkan oleh masalah yang berhubungan dengan perangkat lunak. Entah sistem operasi Windows 11 yang mengalami kendala atau ada program yang mengganggu kinerja komputer untuk bekerja dengan baik.

Penyebab lainnya adalah tidak berfungsinya tombol power. Hal ini berlaku hanya bagi Anda yang menerapkan pengaturan akan mematikan komputer ketika tombol power ditekan. Meski demikian, sangat jarang orang mematikan komputer mereka dengan menekan tombol power.

Penyebab komputer tidak memberikan reaksi setelah menekan tombol power biasanya lebih karena ada yang salah dengan sistem operasi Windows yang digunakan.

Komputer Tetap Menyala Saat Ingin Dimatikan

Seperti dijelaskan sebelumnya, ada beberapa cara menonaktifkan Windows 11. Selain mematikan melalui sistem, Anda juga bisa mematikannya dengan menekan tombol power.

Anda bisa mengatur apa yang terjadi ketika menekan tombol daya di Control Panel dan buka Hardware and Sound > Power Options > Choose what the power button does ubah tindakan menjadi Shut down dan klik Save changes.

Cara Mengatasi Windows 11 Tidak Bisa Dimatikan (Shutdown)

Windows 11 sekarang akan mati secara normal setelah menekan tombol daya. Jika Anda masih tidak bisa mematikannya, lanjutkan dengan langkah-langkah ini.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Windows Tidak Mati?

Ketika komputer Windows 11 Anda tidak bisa dimatikan seperti biasanya, Anda dapat mencoba beberapa cara berikut:

Tahan tombol power hingga komputer mati

Meski perangkat lunak Windows 11 tidak berfungsi dengan baik, biasanya komputer akan merespon ketika Anda menahan tombol power.

Catatan: Ini bukan cara yang normal untuk mematikan komputer karena tidak memberikan peringatan yang dibutuhkan Windows untuk mematikan komputer dengan aman. Jika Anda bisa, pastikan program yang terbuka dimatikan dan semua pekerjaan Anda disimpan.

Tekan sejenak tombol power

Jika Anda sudah mengatur tombol power untuk mematikan komputer, Anda bisa menggunakan cara ini. Ada kemungkinan bahwa tombol power adalah sumber masalahnya, dalam hal ini menggunakan metode mematikan Windows 11 apa pun akan mematikannya.

Buka menu Start dan tekan ikon power untuk menemukan Shut down.

Cara Mengatasi Windows 11 Tidak Bisa Dimatikan (Shutdown)

Ketik Ctrl+Alt+Del lalu pilih ikon daya, diikuti oleh Shut down

Salah satu alasan Anda tidak dapat mematikan Windows 11 adalah jika menu Start tidak merespons dan karenanya tidak terbuka, tetapi Ctrl+Alt+Del mungkin masih berfungsi.

Cara Mengatasi Windows 11 Tidak Bisa Dimatikan (Shutdown)

Menggunakan Perintah Command Prompt pada Windows 11

Dalam beberapa situasi yang sangat spesifik, Anda mungkin hanya memiliki akses ke baris perintah, seperti Command Prompt. Tombol daya, desktop, dan mouse semuanya bisa rusak dan ini masih akan berfungsi untuk mematikan PC Anda.

Anda masih dapat mematikan Windows 11 di sini dengan perintah shutdown. Cukup masukkan ini:

shutdown /s
Cara Mengatasi Windows 11 Tidak Bisa Dimatikan (Shutdown)

Kesimpulan

Selain cara-cara yang dijelaskan sebelumnya, Anda sebaiknya memastikan perangkat Windows 11 Anda selalu update. Termasuk update terhadap driver perangkat keras komputer Anda.

Jika update tidak menyelesaikan masalah, Anda bisa menggunakan fungsi Restore untuk memulihkan komputer ke keadaan semula.

F.A.Q.

Apakah aman untuk mematikan paksa laptop saya?

Ya, aman untuk mematikan komputer Anda dengan menekan tombol power. Pada komputer lama, pematian paksa dapat merusak perangkat keras, tetapi perangkat modern dapat dengan cepat dihidupkan dan dimatikan dengan sebuah tombol.

Mengapa komputer Windows 11 saya mati begitu lama?

Windows mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk dimatikan jika Anda memiliki banyak proses latar belakang, layanan, driver, atau aplikasi yang berjalan. Gunakan Task Manager untuk mematikan program yang berjalan di latar belakang yang tidak Anda perlukan, lalu perbarui semua perangkat lunak dan driver Anda. Jika Anda masih mengalami masalah, buka Troubleshoot Settings dan jalankan Power troubleshooter.

Referensi: lifewire.com

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak!

Blog ini berasal dari Indonesia sehingga terikat dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik.