Layanan Cloud Storage Terbaik untuk Anda - ZAKIY.my.id

Layanan Cloud Storage Terbaik untuk Anda

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui rekomendasi layanan cloud storage terbaik untuk Anda.
- 13:10 WIB
Layanan Cloud Storage Terbaik untuk Anda
Layanan Cloud Storage Terbaik untuk Anda

Di era digital di mana banyak perusahaan telah bertransformasi dengan memanfaatkan teknologi. Informasi dan data bisnis tidak hanya berbentuk kertas, tetapi telah menjadi data digital yang bisa disimpan di cloud storage.

Perkembangan perusahaan akan sejalan dengan banyaknya data yang harus disimpan. Hal ini akan menjadi tantangan sendiri jika masih menyimpan dalam bentuk konvensional atau disimpan di komputer sendiri.

Cloud storage hadir sebagai solusi terkini untuk mengatasi masalah penyimpanan data. Media penyimpanan cloud storage saat ini sangat populer dan diminati banyak perusahaan untuk menyimpan data mereka.

International Data Corporation mengungkap transaksi layanan penyimpanan cloud storage telah mencapai $2,9 miliar pada tahun 2020. Angka ini meningkat tajam dibandingkan tahun sebelumnya.

Pandemi COVID-19 jelas membuat banyak hal harus dilakukan secara daring yang memaksa pengguna layanan cloudd storage meningkat tajam.

Apa saja rekomendasi cloud storage terbaik untuk bisnis saat ini?

Daftar Isi

OneDrive

OneDrive adalah layanan cloud storage yang umumnya digunakan oleh pengguna Windows. Aplikasi OneDrive akan otomatis terpasang di komputer yang menggunakan OS Windows saat ini.

Secara bawaan, cloud storage milik Microsoft ini hanya memiliki kapasitas 5 GB. Tentunya ini adalah kapasitas yang sangat kecil. Terlebih layanan lain ada yang memberikan kapasitas hingga 15 GB.

Jika Anda memang lebih nyaman menggunakan OneDrive, Anda bisa mengunakan membayar harga $1,99 per bulan untuk kapasitas 100 GB.

Catatan Penting:

  • Terintegrasi dengan Windows Explorer secara otomatis.
  • Penggunaan dan manajemen file sangat mudah.
  • Versi gratis hanya menyediakan kapasitas cloud storage sebesar 5GB.

Google Drive

Layanan Google Drive akan menjadi pilihan terbaik bagi pengguna smartphone Android. Aplikasi Google Drive adalah aplikasi yang secara bawaan sudah terpasang pada smartphone Android.

Google Drive menyediakan ruang 15 GB untuk pengguna secara gratis. Sayangnya, 15 GB itu dibagi-bagi untuk seluruh aplikasi yang dimiliki oleh Google, termasuk GMail tentunya.

Anda bisa mendapatkan 30 GB secara gratis jika menggunaka akun paket non profit (untuk yayasan dan perkumpulan) dan pendidikan.

Catatan Penting:

  • Terpasang pada semua smartphone Android.
  • Aplikasinya bisa dipasangkan di Windows, Mac, dan Linux.
  • Versi gratis menyediakan storage yang lumayan besar (15GB).
  • Kapasitas penyimpanan digunakan untuk seluruh aplikasi Google, akan berbahaya ketika surel Anda tidak masuk karena terlalu banyak menyimpan di Google Drive
  • Tampilan antarmuka aplikasi web cukup membingungkan bagi pengguna awam.

Dropbox

DropBox adalah salah satu pemain lama layanan cloud storage. Mereka menyediakan kapasitas sebesar 2 GB secara gratis. Namun, Anda bisa mengajak hingga 32 orang menggunakan Dropbox untuk mendapatkan kapasitas penyimpanan hingga 18 GB.

Saya sendiri sempat mendapatkan paket gratis sebesar 100 GB selama 2 tahun dengan menggunakan Dropbox pada smartphone ASUS dan referal pada beberapa orang sehingga saya mendapatkan kapasitas 5,75 GB.

Catatan Penting:

  • Memiliki sistem referal untuk bisa mendapatkan kapasitas hingga 16 GB.
  • Kapasitas 2 GB untuk pengguna baru jelas tidaklah menarik.

Mega

Mega adalah layanan cloud storage yang cukup baik. Mereka menyediakan 500 GB untuk versi gratisnya. Layanan ini juga menjanjikan enkripsi untuk menjaga kerahasiaan konten yang diberikan, sehingga tidak ada layanan kolaborasi dengan pengguna lain.

Catatan Penting:

  • Pengguna gratis mendapatkan kapasitas 50 GB.
  • Aplikasi sinkronisasi open source, sehingga bisa memanfaatkan aplikasi lain untuk unggah dan unduh berkas.
  • Tidak ada fitur kolaborasi berkas secara bersamaan dengan pengguna lain.

Box

Box mungkin tidak seterkenal layanan cloud storage yang sudah dibahas sebelumnya. Layanan ini menyediakan kapasitas 10 GB dengan maksimal ukuran berkas sebesar 250 MB. Kelebihan Box adalah integrasi dengan berbagai layanan lain.

Anda bisa mendapatkan tambahan 100 GB secara gratis jika menambahkan akun ke paket non profit (untuk yayasan).

Catatan Penting:

  • Pengguna gratis mendapatkan penyimpanan sebesar 10 GB.
  • Bisa diintegrasikan dengan aplikasi lain.

Itulah daftar aplikasi cloud storage yang pernah saya gunakan dan rasakan langsung secara pribadi.

Selain itu, Apple juga memiliki layanan cloud storage bernama iCloud tetapi saya tidak pernah menggunakannya.

Saya sendiri masih berjaga-jaga dengan membawa flasdisk jika tidak bisa terkoneksi ke internet dan mengakses cloud storage.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak!

Blog ini berasal dari Indonesia sehingga terikat dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik.