Alasan Mesin Pencari Gagal Mengindeks Website Dinamis - ZAKIY.my.id
Diskon hingga 80% untuk web hosting Indonesia terbaik. Get It Now!

Alasan Mesin Pencari Gagal Mengindeks Website Dinamis

Perubahan pada website dinamis yang tidak sesuai kaidah SEO akan membuat mesin pencari tidak melakukan indeks atau bahkan menghapus indeks yang ada.
- 17:04 WIB
Alasan Mesin Pencari Gagal Mengindeks Web Dinamis
Alasan Mesin Pencari Gagal Mengindeks Web Dinamis

Saat ini hampir semua website di dunia bersifat dinamis. Website tersebut memungkinkan untuk ditambahkan item, halaman baru, dan perubahan secara dinamis dengan cepat.

Perubahan konten website dinamis tersebut harus sesuai dengan kaidah SEO agar selalu diperhatikan oleh mesin pencari internet.

Perubahan pada website dinamis yang tidak sesuai kaidah SEO akan membuat mesin pencari tidak melakukan indeks atau menghapus indeks yang ada.

Daftar Isi

Penyebab Utama

Hal utama yang menyebabkan halaman dinamis di internet tidak diindeks oleh mesin pencari adalah karena banyaknya parameter yang harus dilewatkan ke server tempat halaman tersebut berada.

Contohnya halaman web dengan tautan berikut: www.aztyz.com/name=xyz?age=27?height=5feet4?address=asdf|asd.

Anda sendiri pasti akan melewatkan tautan tersebut jika menemuinya, begitu pun dengan mesin pencari seperti Google. Alasannya? Karakter khusus yang terdapat pada tautan tersebut tidak mudah untuk diindeks.

Mesin pencari sendiri dirancang untuk mengabaikan halaman dinamis dengan karakter khusus seperti tadi.

Akan lebih baik jika Anda menggunakan kata per kata pada tautan yang ditujukan pada halaman dinamis website Anda.

Solusi

Jika Anda menggunakan CMS seperti WordPress, pengembangnya sudah membuat sistem yang akan mendesain basis data dan kode yang ramah pengguna dan mesin pencari internet.

Jika Anda menggunakan sistem sendiri, Anda sebaiknya memiliki seorang ahli yang memahami SEO agar menghasilkan halaman dinamis yang baik.

MOD rewrite

Mode rewrite akan memproses halaman dengan kaidah SEO yang lebih bersahabat dan menyembunyikan query server yang memiliki karakter khusus pada permalink tautan halaman web.

Mengurangi Karakter Khusus

Jika memang tidak mungkin untuk mengganti semua tautan menjadi lebih ramah, setidaknya Anda harus menguranginya. Pemrogram yang paham SEO harus ada dalam tim pengembangan website Anda.

Mengatur Robots.txt

Ini adalah pilihan terakhir, Anda bisa mengatur di Robots.txt agar memaksa bot mesin pencari menjelajah halaman Anda. Namun hal ini belum tentu berhasil dan mesin pencari juga belum tentu bersedia.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak!

Blog ini berasal dari Indonesia sehingga terikat dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik.