Pengertian Backlink Profile dan Kiat Membuatnya - ZAKIY.my.id
Diskon hingga 80% untuk web hosting Indonesia terbaik. Get It Now!

Pengertian Backlink Profile dan Kiat Membuatnya

Backlink profile adalah metode menanam backlink di bagian profil akun yang didaftarkan di sebuah website.
- 14:50 WIB
Pengertian Backlink Profile dan Kiat Membuatnya
Pengertian Backlink Profile dan Kiat Membuatnya

Salah satu metode penanaman backlink gratis adalah dengan membuat backlink profile. Selain caranya mudah, Anda juga tidak perlu mengeluakan biaya ekstra.

Backlink profile tepat dilakukan bagi website yang baru didaftarkan. Anda bisa fokus untuk membuat backlink profile pada bulan pertama sebelum melakukan metode SEO off page lainnya.

Daftar Isi

Pengetian Backlink Profile

Backlink profile adalah metode menanam backlink di bagian profil akun yang didaftarkan di sebuah website. Biasanya dilakukan di media sosial, forum, atau aplikasi berbasis web.

Hal yang sebenarnya bisa Anda lakukan sendiri ini banyak ditawakan oleh berbagai pihak kepada mereka yang tidak memiliki waktu untuk melakukannnya. Bagaimana pun, membuat ratusan akun di berbagai media sosial jelas pekerjaan yang butuh waktu dan tenaga ekstra.

Kebanyakan pakar SEO masih menganggap penting membuat backlink profile, terlebih pada bulan pertama peluncuran website. Backlink profile akan membantu menaikkan rangking website baru karena rangking domain media sosial tentu akan sangat tinggi.

Jika Anda memiliki waktu dan tenaga, lebih baik untuk membuat backlink profile secara natural.

Kiat Membuat Backlink Profile

Berikut beberapa tips untuk membuat backlink profile yang bisa Anda ikuti agar backlink profile Anda bekerja dengan baik.

Keyword Bervariasi

Agar mesin pencari menganggap natural backlink profile yang Anda kerjakan, sebaiknya Anda melakukan variasi terhadap keyword yang Anda targetkan. Optimasi SEO off page bisa Anda lakukan jor joran, tetapi harus tetap terasa natural.

Misalnya Anda menggunakan kata kunci utama "Jasa Pembuatan Website" dan akan membuatnya di 100 website. Maka sebaiknya anda melakukan variasi seperti "Jasa Pembuatan Website Murah", "Jasa Pembuatan Website Berpengalaman", dan "Jasa Pembuatan Website Indonesia", dan sebagainya.

Anda bisa memberikan 50 persen untuk keyword utama dan 50 persen untuk keyword turunan.

Jangan Hanya Fokus pada Website dengan Rangking Tnggi

Anda juga harus menanam backlink di situs dengan rangking rendah (rangking jutaan di perangkingan Ahrefs atau Domain Authority 10 - 50 di MOZ).

Mesin pencari bisa saja mengabaikan jika backlink profile yang Anda tanam hanya di website dengan rangking tinggi. Google sendiri bisa mengaggap hal ini sebagai paid links yang melanggar syarat dan ketentuan mereka.

Jangan Hanya Fokus pada Homepage

Anda harus memperlakukan semua tautan website Anda sama rata. Jangan hanya fokus memberikan backlink untuk homepage website.

Jika Anda menjalankan sebuah website atau blog pribadi, Anda minimal juga harus memberikan backlink untuk halaman statis dan postingan.

Hal berbeda jika Anda menjalankan website media massa. Karena berita cenderung cepat basi dan akan terus berubah, saya menyarankan agar lebih memperhatikan backlink untuk halaman kategori dan tag (jika Anda menggunakan WordPress).

Beberapa media massa nasional bahkan memberikan backlink dalam jumlah besar untuk halaman kesalahan 404.


Jika Anda tidak punya waktu untuk membuat backlink profile, silakan kontak saya untuk melakukannya.

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak!

Blog ini berasal dari Indonesia sehingga terikat dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik.