Pengertian dan Manfaat dari Blog - ZAKIY.my.id
Diskon hingga 80% untuk web hosting Indonesia terbaik. Get It Now!

Pengertian dan Manfaat dari Blog

Bila Anda belum pernah membuat blog sebelumnya dan ingin membuat blog pertama Anda, hal berikut tentang blog ini harus Anda ketahui.
- 09:09 WIB
Pengertian dan Manfaat dari Blog
Pengertian dan Manfaat dari Blog

Internet tidak lepas dari kehidupan kita saat ini. Berbagai hal bisa didapatkan dari berselancar di internet. Dengan sekali klik, beragam website bisa dibuka untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Internet juga menjadi tempat untuk bersantai dan bersenang bagi banyak orang. Berbagai website game, musik, video, dan lainnya bisa diakses untuk menghibur pengunjungnya.

Anda juga bisa membagikan berbagai hal di internet melalui media sosial. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan blog untuk berbagi informasi. Blog adalah salah satu wadah terbaik untuk berbagi informasi di internet.

Bila Anda belum pernah membuat blog sebelumnya dan ingin membuat blog pertama Anda, hal berikut tentang blog ini harus Anda ketahui.

Daftar Isi

Apa Itu Blog?

Blog berasal dari kata web block yang merupakan salah satu bagian dari website yang bisa diisi dengan konten.

Karena banyak orang yang merasa sebuah website untuk terlalu besar dan mahal, maka dibuatlah blog yang hanya fokus digunakan untuk menulis sesuatu dengan konten lebih kecil dan sederhana dari website.

Banyak orang yang menganggap blog dan website sebagai hal yang berbeda. Padahal keduanya bisa saja dianggap sama. Blog sendiri adalah bagian dari website.

Bila kita membandingkan blog dengan website, maka website jelas memiliki fitur lebih banyak dari blog. Kapasitas website juga lebih besar dari blog, sehingga website bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

Sayangnya itu adalah pengertian lama, karena saat ini mesin blog seperti WordPress sudah mampu melakukan berbagai hal dengan bantuan berbagai plugin untuk mendukungnya.

Blog berkembang pesat dan banyak yang mampu bersaing dengan website. Bahkan banyak media massa besar yang menggunakan mesin blog WordPress untuk menjalankan website berita mereka.

Media massa nasional, Kompas menggunakan WordPress untuk mengembangkan situs web mereka hingga menjadi seperti sekarang. Bahkan Jawa Pos juga akhirnya memaksa jaringan media massanya di seluruh Indonesia beralih menggunakan WordPress.

Melihat situasi saat ini, jelas tidak bisa lagi menganggap blog hanya sekadar blog. Karena bahkan website berita pun menggunakan mesin blog untuk menjalankan website-nya.

Blog sudah tidak hanya sekadar blog. Sehingga saat ini blog dapat diartikan sebagai catatan harian atau jurnal pribadi di internet yang dapat diakses oleh siapa saja. Hal ini sesuai dengan pengertian blog di KBBI.

Indonesia sendiri memiliki Hari Blogger (bahasa Indonesia:bloger) Nasional setiap 27 Oktober yang ditetapkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika sejak tahun 2007.

Perkembangan blog membuat pemilik blog menjadi lebih kreatif dalam membuat dan mengisi blog mereka. Hal ini bertujuan agar blog mereka mampu bersaing dengan website lain, meski hanya menggunakan layanan blog gratis.

Pemilik blog bisa menambahkan plugin untuk membuat blognya lebih powerfull. Sehingga sebuah blog bisa jadi akan lebih kompleks dari sebuah website.

Meski demikian, gaya penulisan dan penyampaian blog akan tetap berbeda dengan website biasa. Pemilik blog bisa memanfaatkan blognya sebagai sarana bertukar pikiran melalui tulisan serta fitur komentar yang juga bisa diisi oleh pengunjung.

Manfaat Blog

Setelah mengetahui pengertian dan sedikit sejarah blog, kita akan membahas apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari blog.

Fungsi dasar dari blog bisa dianggap sebagai sarana untuk berbagi informasi.

Meski demikian, blog juga bisa dianggap sebagai sebuah media sosial yang kompleks. Contohnya Tumblr yang sering didefenisikan sebagai media sosial padahal mereka lebih ke sebuah blog.

Akan tetapi, saat ini blog juga bisa digunakan sebagai sarana untuk menghasilkan uang. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan blog.

Pemilik blog bisa menulis konten berbayar yang berisi ulasan [positif] terjadap suatu website, produk, atau usaha. Setelah konten dipublikasikan, pemilik blog akan dibayar atas ulasan yang ditulisnya.

Blog juga bisa didaftarkan untuk program afiliasi toko online yang menjual suatu produk. Pemilik blog cukup memasang tautan ke website tersebut di blog mereka. Setiap pembelian yang berasal dari tautan tersebut akan menghasilkan komisi bagi pemilik blog.

Beberapa orang terkadang menjual produk secara langsung, baik digital atau fisik, melalui blog mereka.

Cara paling mudah adalah dengan memasang iklan di blog. Pemilik blog bisa memanfaatkan Google AdSense untuk mendapatkan uang dari iklan yang akan mereka letakkan di blog.

Blog ini juga menerima pemasangan iklan, penulisan ulasan, atau pemasangan konten. Silakan hubungi saya di halaman Kontak.

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak!

Blog ini berasal dari Indonesia sehingga terikat dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik.