Arti dan Fungsi CC dan BCC pada Email - ZAKIY.my.id

Arti dan Fungsi CC dan BCC pada Email

Saat Anda mengirim email, terdapat kolom penerima, serta kolom untuk CC, dan BCC. Apa maksud dan tujuan dari CC dan BCC tersebut?
- 15:19 WIB
Arti dan Fungsi CC dan BCC pada Email
Arti dan Fungsi CC dan BCC pada Email

Saat Anda mengirim email, akan terdapat kolom penerima, serta kolom untuk CC, dan BCC. Apa maksud dan penggunaan dari CC dan BCC tersebut?

Copy carbon dimaksudkan berfungsi sama dengan era saat orang masih menggunakan mesin tik untuk mengetik surat. Agar surat bisa dikopi, diperlukan kertas karbon agar ketikan langsung tersalin di kertas lain yang diletakkan di belakang surat.

Kertas karbon akan meninggalkan jejak pada salinan kertas apa yang diketik pada surat.

Beda CC dan BCC

Ketika memasuki era digital dan berkirim surat berganti menjadi email, salinan surat ini juga berganti menjadi Carbon Copy (CC) dan Blind Carbon Copy (BCC).

CC berfungsi agar Anda daat mengirim email ke beberapa penerima sekaligus secara bersamaan. Namun, penerima lain akan bisa melihat alamat email lain yang dikirimkan saat menerima email yang dikirimkan.

Hal ini biasanya digunakan ketika Anda mengirim email ke rekan kerja, dan ingin agar atasan mengetahui email tersebut.

Jika dengan CC penerima lain dapat mengetahui siapa saja yang juga mendapat email serupa. Dengan memasukan alamat email ke BCC, tidak ada penerima email lain yang tahu siapa lagi yang memiliki salinan email tersebut.

Fitur BCC juga membuat penerima email tidak dapat membalas email tersebut ke semua penerima email lain. BCC ideal digunakan jika Anda tidak ingin penerima saling mengetahui alamat email penerima lainnya.

Cek artikel yang lain di Google News.

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak!

Blog ini berasal dari Indonesia sehingga terikat dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik.