Harapan untuk Thomas Doll bagi Persija - ZAKIY.my.id

Harapan untuk Thomas Doll bagi Persija

Persija Jakarta baru saja mengumumkan pelatih baru asal Jerman, Thomas Doll, yang juga akan menjabat sebagai manajer tim untuk Liga 1 musim 2022-2023.
- 13:27 WIB
Harapan untuk Thomas Doll di Persija Jakarta
Harapan untuk Thomas Doll di Persija Jakarta

Belakangan saya cukup jarang membuat tulisan tentang sepak bola di blog ini, tetapi bukan berarti tidak ada. Beberapa tulisan saya tentang sepak bola bisa di lihat di Arsip: Sepak Bola.


Persija Jakarta Pusat baru saja mengumumkan pelatih baru asal Jerman, Thomas Doll, yang juga akan menjabat sebagai manajer tim untuk Liga 1 musim 2022 - 2023.

Thomas Doll datang ke Indonesia dengan pengalaman malang melintang di berbagai tim sepak bola Eropa dan Asia Barat. Dua di antara tim tersebut adalah tim Bundesliga, Borussia Dortmund dan Hamburger SV.

Tidak bisa dipungkiri, beberapa tahun terakhir pelatih asal Jerman sedang naik daun. Terlebih setelah Jurgen Klopp dan Thomas Tuchel berhasil meraih trofi Liga Champions Eropa untuk Liverpool dan Chelsea.

Jurgen Klopp dengan gegenpressing mampu membawa Liverpool bersaing untuk perebutan gelar pada kompetisi mana pun yang diikutinya. Begitu pun sistem permainan dengan formasi 3-4-3 ala Chelsea yang memberi karakter baru bagi tim London tersebut.

Di Indonesia, Thomas Doll diharapkan mampu membawa sistem permainan dengan karakter berbeda bagi Persija. Sesuatu yang kurang pada kebanyakan tim sepak bola Indonesia yang pola permainannya begitu-begitu saja. Di sisi lain, pelatih Tim Nasional Indonesia, Shin Tae Yong, mengakui bahkan pemain nasional pun salah dalam teknik dasar. [1] [2]

Seperti yang sering terlihat dalam permainan tim-tim Liga Indonesia yang banyak bermain dengan berlari di pinggir lapangan, atau dengan bertahan dan menunggu kesempatan serangan balik

Persija juga melakukan sesuatu yang jarang dilakukan tim lain di Indonesia, mengontrak pelatih dengan durasi tiga tahun. Tidak seperti kebanyakan tim di Indonesia yang hanya untuk durasi satu tahun.

Selamat bekerja Thomas Doll!

Foto: Dok. Persija Jakarta

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak!

Blog ini berasal dari Indonesia sehingga terikat dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik.