Alasan Pentingnya HTTPS untuk Website Anda

Blog ini telah menggunakan HTTPS/SSL sejak 2016, dimana saat itu mulai terintegrasi dengan CloudFlare. Pada artikel ini akan dijelaskan beberapa alasan mengapa situs web Anda harus dilindungi SSL mulai saat ini juga.

1. Untuk Kepentingan Keamanan dan Kepercayaan

Situs web tanpa HTTPS akan mengirim semua data antara pengguna dan situs web dalam “plain text” saat mengirim. Ini berarti tidak akan ada data yang dienkripsi, celah keamanan ini daoat dimanfaatkan hacker tanpa perlu mendekripsi data. Sertifikat SSL akan membuat hubungan antara peramban dan peladen dapat diverifikasi keamanannya. Peramban saat ini juga akan memblokir halaman ketika HTTPS tidak digunakan dengan semestinya. Membuat sulit untuk terjadinya pencurian data.

2. Situs Non-HTTPS akan Dianggap  “Tidak Aman” di Chrome

Pada akhir 2016, Google mengumumkan bahwa pengguna Google Chrome akan mulai melihat peringatan ketika situs yang mengirim dan/atau menerima data formulir (kata sandi atau kartu kredit) tidak memiliki HTTPS.

3. Google Meningkatkan Peringkat untuk HTTPS

Google mengumumkan pada pertengahan 2014 bahwa akan mulai menggunakan HTTPS sebagai faktor dalam menentukan peringkat situs web. Ini berarti situs web yang telah mengaktifkan HTTPS akan diberi peringkat lebih tinggi daripada situs yang tidak. Manfaatkan ini selama tersedia. Ketika HTTPS sudah menjadi standar di internet, aturan ini mungkin akan dihapus dari algoritma Google.

4. Sertifikat SSL gratis

Di awal 2016, sebuah proyek beta bernama Let’s Encrypt mengumumkan kepada dunia bahwa mereka akan memberikan otoritas yang akan memberikan sertifikat SSL gratis kepada dunia. Mereka melakukannya, dan sekarang memperoleh sertifikat SSL gratis untuk server Anda menjadi relatif mudah.

5. Kebanyakan Host Sekarang Menyediakan SSL Gratis

Sebelum secara umum dipergunakan, untuk mendapatkan sertifikat LetsEncypt gratis, terdapat proses panjang untuk memvalidasi dan menyediakan sertifikat. Namun sekarang sebagian besar hosting web sudah menawarkan langsung sertifikat SSL gratis kepada klien. LetsEncrypt sudah diintegrasikan langsung dengan panel kontrol situs web.

6. Mempercepat Waktu Pemuatan Situs Web

Ada spesifikasi baru dalam situs web, dan namanya adalah HTTP/2. Ini adalah versi baru dari spesifikasi HTTP yang telah ada sejak 1990-an. Satu perbedaan utamanya adalah penggunaan TSL, jadi Anda diharus memiliki sertifikat SSL. Perubahannya adalah kemampuannya memuat lebih banyak berkas dari peladen sekaligus daripada memuat berkas satu per satu sesuai urutan yang diminta. Saat ini sebagian besar peladen telah mengimplementasikan spesifikasi HTTP/2. Dalam hal apapun, hasil akhirnya adalah waktu buka yang jauh lebih cepat .

Jika situs Anda tidak memiliki HTTPS hari ini, sangat disarankan untuk membuat perubahan sesegera mungkin untuk memanfaatkan semua hal di atas.

Sumber Barrel
Anda mungkin juga berminat
Komentar
Memuat...