Apa Bedanya Cashback dan Diskon Pada Kartu Kredit?

Bagi pemegang kartu kredit pasti tidak asing dengan istilah diskon atau potongan harga dan cashback. Banyak promo yang menggunakan dua istilah ini untuk menarik nasabah baru, serta mengajak nasabah lama untuk belanja lebih lagi.

Namun apakah Anda tahu perbedaan dari diskon dan cashback? Mengapa dua istilah ini digunakan dalam promo yang berbeda?

Ada beberapa komponen dalam cashback dan diskon yang bisa Anda lihat perbedaannya, yaitu jumlah minimum pembelanjaan, iuran, periode, pemberian keuntungan, dan fleksibilitas. Dari sini, Anda bisa lebih jeli lagi saat melihat tawaran promo dari penerbit kartu kredit.

Berikut ini adalah penjabaran singkat mengenai perbedaan antara cashback dan diskon dilihat kompnen-komponennya.

Pemberian keuntungan

Sistem pemberian keuntungan atau manfaat dari promo bertema cashback berbeda dengan diskon. Diskon merupakan potongan harga langsung dari barang yang dibeli, atau merupakan hasil penukaran poin reward. Potongan harga akan bisa Anda dapatkan saat itu juga sehingga lebih sederhana prosesnya.

Di sisi lain cashback merupakan pengembalian sejumlah uang ke limit kredit, atau diberikan pada siklus selanjutnya saat Anda belanja. Penerbit kartu kredit juga ada yang menambahkan cashback ke tagihan atau cicilan kartu kredit. Dengan demikian, pembayaran cicilan jadi lebih ringan.

Minimum pembelanjaan

Cashback mensyaratkan minimal pembelanjaan dalam jumlah tertentu sebelum memberikan cashback pada Anda. Misalnya promo dengan cashback 15% untuk minimal pembelanjaan Rp 200 ribu. Artinya, Anda harus memenuhi minimum pembelanjaan. Jika nominal belanja sejumlah Rp 199 ribu, cashback tidak akan berlaku untuk Anda. Sedangkan situs belanja seringkali memasang harga dengan angka ganjil, sehingga mau tidak mau Anda harus membeli lebih dari minimal pembelanjaan untuk menikmati cashback.

Diskon merupakan potongan harga langsung, baik harga barang yang dipotong langsung atau tagihan pembelanjaan dipotong langsung sesuai poin yang dimiliki. Hal ini menjadikan Anda tidak perlu diskon merupakan promo yang lebih mudah dipahami dan paling dicari oleh nasabah.

Iuran

Terkadang penerbit kartu kredit mengenakan iuran untuk cashback. Iuran ini berlaku sebelum tenggat waktu tertentu. Jika Anda telat membayar iuran, maka keuntungan cashback tidak bisa Anda dapatkan.

Berbeda dengan cashback, diskon tidak memiliki iuran. Jadi Anda bisa langsung menggunakannya saat itu juga. Kalaupun ada iuran di struk belanja Anda, biasanya itu adalah pajak atau biaya pelayanan.

Periode

Baik cashback ataupun diskon, keduanya memiliki periode waktu tertentu. Anda tidak dapat menggunakan dua jenis promo ini jika periode waktunya sudah habis.

Sedangkan untuk cashback atau diskon yang dihasilkan dari hasil redeem poin, bisa digunakan kapan saja saat jumlah poin sudah memenuhi persyaratan.

Fleksibilitas

Pada dasarnya diskon bisa berlaku untuk pembayaran menggunakan metode apapun, baik itu tunai, kartu debit, kartu kredit, maupun ewallet. Untuk nasabah kartu kredit, selain bisa menikmati diskon karena promo dari penerbit kartu kredit dan redeem poin, mereka juga bisa menikmati diskon yang merupakan promo dari pihak merchant.

Cashback adalah jenis promo yang hanya bisa dinikmati dengan kartu kredit. Hal ini karena pengembalian uang dari hasil belanja akan ditambahkan ke limit kartu kredit.

Oleh karenanya dari segi fleksibilitas, diskon lebih unggul dibandingkan dengan cashback.

Mana yang lebih menguntungkan

Jika dilihat dari segi penggunaan dan prosedurnya, diskon lebih mudah dipakai. Hal ini karena Anda tidak perlu repot menunggu uang kembali ditransfer atau membayar iuran.

Namun perlu juga diperhatikan bahwa diskon terkadang membuat Anda lebih boros karena merasa membeli barang dengan harga lebih murah. Jadi pemakaian promo kartu kredit dengan bijak selalu menjadi kunci terbaik.

Temukan juga informasi tentang kartu kredit yang menawarkan cashback dan diskon untuk berbagai keperluan. Sehingga transaksi Anda menjadi lebih mudah dan ringan.

Komentar
Memuat...