Apa Bedanya Youtube Premium dan YouTube Music dengan Youtube Biasa?

YouTube Premium
YouTube Premium, via vk.com/storeofgames

YouTube Premium (sebelumnya bernama YouTube RED) akhirnya hadir di Indonesia beberapa waktu lalu. Bersamaan, Google juga membawa YouTube Music (sebelumnya bernama Music Key) menjumpai pengguna YouTube di tanah air.

YouTube Premium merupakan layanan video streaming YouTube versi berbayar. Sedangkan Youtube Music merupakan aplikasi streaming musik yang memungkinkan pengguna memutar dan mendengarkan musik secara streaming. Anda juga bisa menggunakan YouTube Music versi web di music.youtube.com.

YouTube Music
YouTube Music, via YouTube

Fitur unggulan yang ditawarkan dua aplikasi ini adalah pemutaran offline dan pemutaran latar belakang video dan musik di ponsel perangkat.

Dengan biaya Rp 59 ribu perbulan (atau paket keluarga dengan biaya Rp 89 ribu perbulan untuk 5 akun) yang bisa dibayar dengan layanan pembayaran yang didukung Play Store, Anda bisa menikmati beragam fitur tersebut.


Kelebihan berlangganan Youtube Premium:

  • Bebas dari iklan apapun yang biasa hadir di YouTube Biasa.
  • Bisa mengunduh video dan musik dan ditonton atau didengarkan secara luring di ponsel.
  • Memutar video dan musik di latar belakang, video atau musik akan tetap diputar walau Anda sudah keluar dari aplikasi YouTube atau YouTube Music, video akan muncul dalam kotak kecil yang melayang di aplikasi lain yang Anda buka.
  • Dengan berlangganan Youtube Premium maka akan mendapatkan Youtube Music dan YouTube Original.

Sebagai perkenalan, YouTube Premium bisa dinikmati secara gratis selama 3 bulan.