Bagaimana Cara YouTube Menghasilkan Uang?

YouTube adalah salah satu situs web yang sedang nge-hit saat ini. Salah satu produk Google ini menawarkan beragam konten video yang dibuat oleh banyak kreator. Terlebih ini adalah produk “gratis”, meski juga punya versi “premium”.

Artis-artis yang biasa hadir di layar kaca atau layar lebar juga mulai membuat saluran YouTube mereka. Pun musisi mulai menunggah video klip mereka di YouTube. Mulai dari orang-orang biasa seperti saya hingga presiden bisa saja mempunyai saluran YouTube.

Tokoh-tokoh terkenal mungkin hanya membuat konten untuk mengisi waktu luangnya. Akan tetapi, menjadi YouTuber, sebutan bagi kreator di YouTube, juga berpotensi memberikan penghasilan yang besar.

Baca juga yang menarik berikut ini

Lalu, dari mana YouTube menghasilkan uang?

Sebagai produk dari Google, model bisnis YouTube hampir sama dengan produk Google lainnya. Basis pijakannya adalah iklan yang terdapat di dalam situs web mereka. Produk-produk “gratis” dengan fitur-fitur menarik akan mendatangkan pengunjung merupakan hal yang dipahami Google. Meski demikian, YouTube juga memiliki versi “premium” tanpa iklan, Youtube Red.

Model iklan yang dipasang antara lain video di halaman hasil pencarian dan video yang tampil sebelum video utama ditayangkan. YouTube TV adalah produk berlangganan yang juga jadi sumber penghasilan YouTube.

Tidak dapat dipungkiri jumlah pengunjung yang begitu besar juga akan memancing orang untuk beriklan. Sekian artikel mengenai cara YouTube menghasilkan uang. Silakan berkomentar jika Anda tahu model bisnis YouTube lainnya.

Artikel terkait
Komentar
Memuat...