Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tutorial

Beda Situs Web dengan WWW dan Non-WWW

www VS non-www
www VS non-www, via uptopromo.co.id

Sesekali, ada yang bertanya tentang perbedaan antara www dan non-www di tautan situs web? Sebenarnya, tidak ada perbedaan karena itu tergantung pada keinginan si pemilik situs. Asalkan, penggunaannya konsisten dan perlu mengarahkan pengunjung pada tautan yang diinginkan.

Saya pribadi lebih menyukai situs web dengan www karena akan berefek pada kuki yang disimpan di tembolok komputer. Peramban web akan menganggap www sebagai subdomain, sehingga hanya akan menyimpan kuki dari www.

Apabila situs web non-www memiliki banyak subdomain, keseluruhan situs akan disimpan oleh peramban. Sedangkan situs web dengan www akan menyimpan lebih sedikit kuki. Hal ini juga berefek pada kecepatan memuat sebuah situs web.

Untuk memaksa mengarahkan situs web non-www ke www, Anda bisa melakukannya dengan cara berikut.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Pada peladen Apache, Anda cukup menambahkan kode berikut di berkas .htaccess (harap disesuaikan dengan domain situs web Anda).

RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTP_HOST} ^example\.com$ [NC]
RewriteRule ^(.*)$ http://example.com/$1 [R=301,L]

Pada peladen IIS 7+, Anda harus menambahkan modul “URL Rewrite” terlebih dahulu. Lalu tambahkan kode berikut ke <system.webServer> pada bagian web.config atau applicationHost.config: (harap sesuaikan lagi domain situs web Anda)

Pada peladen nginx, Anda cukup menambahkan kode berikut di berkas nginx.conf (harap disesuaikan dengan domain situs web Anda).

Advertisement. Scroll to continue reading.
Comments
Advertisement

Baca Tulisan Menarik Lainnya

Advertisement

YAou're currently offline