Cara Mendaftarkan Blog Ke Google News 2021

Google News di iOS
Google News di iOS (sumber gambar: techcrunch.com)

Tampilan antarmuka Google News Publisher Center berganti lagi, jadi tutorial ini sudah tidak sepenuhnya berlaku. Artikel baru saya buat di blog lain (BACA DI SINI).



Google News merupakan layanan Google yang menghimpun situs web [dan juga blog] dengan konten berita yang secara otomatis menampilkan berita dari berbagai media.

Secara otomatis, Google News terintegrasi dengan hasil pencarian organik Google. Sehingga bermanfaat untuk mendongkrak kunjungan ke blog.

Beberapa tahun lalu saya pernah membuat artikel Cara Mendaftarkan Situs Web atau Blog ke Google News (Google Berita) yang saat ini sudah tidak relevan. Sehingga, perlu diperbaharui.


Pada artikel ini, saya akan membahas Cara Mendaftarkan Blog Ke Google News yang sesuai dan relevan untuk 2021.

Satu hal yang sudah saya temui, mendaftar Google News lebih mudah daripada mendaftar Google AdSense, baik itu dulu maupun sekarang.

Kelebihan Blog yang Terdaftar Google News

Blog yang terdaftar Google News akan memperoleh keuntungan sebagai berikut:

Artikel Blog Lebih Cepat Terindeks Google

Tidak peduli platform apa yang Anda gunakan, baik itu WordPress atau Blogger, maka artikel yang diposting akan langsung masuk indeks Google.


Jangkauan Pengunjung Blog yang Lebih Luas

Apabila Anda membuat posting dengan tema yang sedang populer, bukan tidak mungkin artikel blog Anda akan sampai ke notifikasi pengguna Google News.

Meningkatnya Kunjungan Organik

Pengunjung yang masuk dari Google News akan dihitung sebagai pegunjung organik. Dalam perangkingan situs web, Google lebih memprioritaskan kunjungan dari halaman hasil pencarian di tempat mereka.

Meningkatnya Pendapatan

Sejalan dengan peningkatan pengunjung, pendapatan iklan biasanya juga meningkat. Tidak hanya pada AdSense tetapi juga pada platform iklan lainnya, jika Anda menggunakan platform iklan lainnya.

Syarat Agar Blog Terdaftar di Google News

Apa saja syarat yang harus dipenuhi agar blog terdaftar di Google News:


Jumlah Artikel Banyak

Tidak ada jumlah pasti terkait banyaknya, saya pernah mendaftarkan Google News hanya dengan artikel yang tidak lebih dari 10 buah. Dan tentunya diterima.

Hanya saja saya menyarankan agar setidaknya Anda memiliki lebih banyak artikel. Beberapa pihak menyarankan setidaknya blog memiliki 100 artikel.

Gunakan Template Blog yang Baik

Bagi saya, template atau tema blog yang baik setidaknya memiliki hasil perhitungan hijau pada PageSpeed Insights tetapi bukan berarti harus jadi patokan untuk Anda. Saya biasanya menggunakan template blog dengan tema news atau magazine yang biasanya sudah dibuat sesuai dengan kaidah SEO.

Syarat berikutnya, template memiliki navigasi yang baik dan jelas terlihat oleh manusia. Aturlah agar navigasi Anda jelas menunya dan memuat halaman yang wajib ada seperti about us, privacy policy, disclaimer, contact us, dan lainnya untuk menunjang.


Pihak Google News juga mengharuskan adanya peta situs khusus berita dalam indeks, untuk platform Blogger bisa diakali dengan menggunakan FeedBurner meski RSS Feed bawaan sudah cukup. Pastikan RSS Feed blog Anda diatur ke tampilan penuh agar gambarnya terbaca oleh crawl Google News.

Blog Harus Aktif

Selama masa peninjauan blog untuk Google News, saya menyarankan agar Anda semakin aktif untuk membuat postingan. Boleh sih berkurang, asal tidak terlihat jelas.

Menggunakan Domain TLD (Top Level Domain)

Pastinya blog yang masih menggunakan subdomain dari blog gratisan akan sulit diterima.

Jika blog Anda masih menggunakan subdomain, beli domain baru untuk blog Anda sekarang juga!

Umur Blog Sudah Lebih dari 6 Bulan

Blog yang lebih tua akan membuat kesan bahwa blog dikelola dengan baik. Umur situs web dapat dilihat dari tanggal pendaftaran domain.

Untuk amannya, saya sendiri hanya mengajukan domain yang telah berumur lebih dari 2 tahun dengan konten yang banyak untuk Google News.

Cara Mendaftarkan Blog ke Google News 2021

Cara daftar Google News 2021.

Sebelumnya saya pernah membuat panduan di blog ini, tetapi sekarang Google News sudah mengubahnya sehingga artikel lama tidak lagi relevan.

Berikut ini adalah tata cara mendaftarkan blog ke Google News:

1. Daftar ke Google News dan Buat Publikasi Baru

Saya akan membuat asumsi bahwa Anda belum pernah mendaftarkan situs web apa pun ke Google News.

Pertama buka Publisher Center dengan mengeklik tautan ini dan masuk dengan akun GMail Anda. Berikutnya Anda akan diarahkan ke halaman ini, lalu klik Tambah publikasi.

Tambah publikasi Google News.

Setelah halaman terbuka, Anda akan muncul pop up nama untuk Publikasi baru. Silakan diisi dengan nama blog Anda, lalu klik Simpan.

Pop up publikasi baru Google News.

2. Draft Publikasi Google News

Anda akan diarahkan ke halaman DRAF Publikasi. Di sini Anda harus melengkapi kolom untuk informasi yang diminta.

Draf Publikasi Google News.

a. Informasi dasar

Pada halaman Informasi dasar, setidaknya Anda harus mengisi data terkait blog Anda:

  • Nama publikasi, sebenarnya bebas tapi sebaiknya pakai nama blog sebagai nama publikasi karena nanti ini akan dijadikan nama media di Google News.
  • Deskripsi, Anda bisa menggunakan deskripsi blog Anda, misalnya: Blog pribadi Adam yang berisi hal-hal yang menarik bagi semuanya.
  • Kategori, diisi dengan kategori blog atau situs web Anda, tersedia 28 kategori seperti ArtsBusiness & Finance hingga Womans Lifestyle.
  • Bahasa utama, disesuaikan dengan bahasa yang Anda gunakan di blog.

Jadi sesuaikan saja dengan data-data situs Anda. Usahakan untuk mengisi data dengan benar agar bisa diterima dengan cepat.

b. URL properti situs

Di sini silakan isi URL properti situs dengan alamat lengkap blog Anda. Jika anda punya blog dengan banyak subdomain, isi nama blog diikuti ekstensi. Sebagai contoh: bloggue.com

Jika URL-nya hanya satu, tanpa subdomain, Anda bisa tambahkan properti prefix seperti https:// dan www [jika ada] diikuti nama domain dan ekstensinya.

Jika sudah, klik Verifikasi dalam Search Console yang terletak di kiri atas kolom URL properti situs. Jika Anda sudah menambahkan domain ke Search Console maka akan secara otomatis akan terverifikasi.

Jika tidak, Anda harus melakukan verifikasi secara manual. Saat proses verifikasi berlangsung Anda akan diarahkan ke laman Search Console.

c. Lokasi dan Kontak

Sebenarnya, Lokasi tidak perlu dimasukkan karena sudah terintegrasi dengan bahasa yang dipilih.

Untuk kontak, silakan tambah kontak baru dengan cara klik Kontak baru. Jika Anda menambahkan kontak baru, memungkinkan kontak tersebut mengakses dan mendapat pemberitahuan dari Google News.

d. Distribusi

Bagian ini berfungsi untuk mengatur pendistribusian konten blog Anda di Google News.

Saya sendiri biasa mengaturnya sesuai bawaan dari Google News, untuk Negara diatur ke Seluruh dunia dan Properti Google diatur ke Izinkan semua properti.

e. Pelacakan

Pelacakan memungkinkan Anda untuk memantau jumlah klik dan konversi dari Google News yang mengarah ke blog.

Ada juga kolom Piksel pelacakan yang berfungsi untuk melacak perilaku pengguna saat mengunjungi blog Anda.

Jika semua sudah diisi, silakan klik Berikutnya.

3. Konten Google News

Setelah klik Berikutnya, Anda akan diarahkan ke tab Konten. Di tab konten ini ada beberapa hal yang harus diisi. Di antaranya:

a. Rubrik

Rubrik adalah tab yang akan muncul dalam halaman publikasi Anda pada aplikasi Google News.

Untuk poin ini Anda bisa menyesuaikan sama laman publikasi yang didaftarkan. Sebagai contoh, di sini saya menggunakan blog ini untuk didaftarkan ke Google News.

Karena itu, agar bisa muncul di aplikasi Google News saya harus memasukkan RSS feed. Jika blog Anda sudah terkonvergensi dengan media lain seperti YouTube, silakan tambahkan kolom Rubrik baru.

Untuk menambahkan Rubrik baru silahkan klik Rubrik baru. Berikut detail penambahan Rubrik Google News:

  • Feed diisi dengan Feed situs atau blog anda. Untuk WordPress silakan isi saja dengan Feed default WordPress seperti: https://namablog.com/feed/. Sedangkan Blogger, silakan daftar ke feedburner.com (masih dimiliki oleh Google) untuk mendapatkan URL RSS Feed blog Anda. Untuk platform bloging lain silakan disesuaikan saja.
  • Lokasi web, yang memungkinkan Anda untuk membuat rubrik publikasi dengan artikel atau URL yang spesifik dari blog Anda.
  • Video, yang memungkinkan Anda menambahkan rubrik publikasi dari saluran Youtube atau dari playlist video Anda di platform yang sama
  • Feed yang dipersonalisasi, yang memungkinkan Anda membuat rubrik publikasi dengan konten yang sudah dipilih oleh pihak Google berdasarkan minat pembaca.

b. Label konten

Di sini Anda bisa menambah label yang spesifik sesuai dengan kategori konten anda. Untuk menambahkannya, silahkan klik Tambahkan.

Ada beberapa konten label yang bisa Anda tambahkan di poin ini seperti Opini, Buatan pengguna, Satir, Siaran pers, dan Blog.

Hal ini menyesuaikan pada blog Anda. Jika hanya blog yang spesifik, pilih Blog lalu masukkan URL blog Anda.

c. Memverifikasi kepemilikan URL

Bertujuan untuk memverifikasi kepemilikan URL untuk memberi tahu Google bahwa domain Anda sudah di verifikasi.

4. Gambar

Tab Gambar berisi beberapa properti, seperti:

a. Logo persegi

Ini berisi logo blog Anda dengan ukuran persegi. Jika Anda hanya punya logo situs biasa dan tidak berukuran persegi, silakan buat dulu ukuran persegi. Untuk ukurannya harus 1000 piksel ×1000 piksel.

b. Logo lebar (direkomendasikan)

Berfungsi untuk menyesuaikan dengan logo yang diunggah. Jadi, jika Anda mengunggah logo lebar, hasilnya akan lebih responsif.

Di tahap ini Anda bisa menambahkan logo khusus tema terang dan logo khusus tema gelap yang sudah tersedia di aplikasi Google News.

Poin ini juga yang disarankan oleh Google News untuk digunakan ketimbang Logo persegi yang dimensinya tetap. Jika langkah ini sudah selesai, klik saja Berikutnya.

5. Iklan

Jika akun GMail Anda telah terdaftar Google AdSense, Anda juga bisa menambahkan iklan pada halaman konten Anda di aplikasi Google News.

Untuk menambahkannya iklan, silakan arahkan kursor ke kolom Penghasilan dan pilik akun AdSense Anda.

Berikutnya adalah persentase iklan yang dikelola Google, bisa Anda kosongkan jika tidak memiliki akun AdSense. Lalu klik Berikutnya.

6. Lanjutan

Tab Lanjutan ini berisi beberapa penyesuaian yang dapat Anda lakukan, seperti:

a. Grup akses

Bagian ini memungkinkan untuk mengelola siapa saja yang bisa mengakses dasbor Google News blog Anda. Lewati ini jika Anda mengelolanya secara pribadi.

b. Gaya artikel

Di sini Anda bisa mengatur gaya artikel blog Anda. Untuk mengaturnya, Anda bisa menyesuaikan CSS-nya. Saat menyesuaikan Anda juga bisa melihat pratinjau gaya di kolom sebelahnya.

c. Font yang diupload

Anda bisa menggunakan font costum pada CSS di atas. Untuk font costum ini hanya muncul di aplikasi Google News.

Untuk font, silakan unggah berbagai varian font family dalam format TTF atau OTF. Jika Anda tidak pakai font khusus, maka secara font artikel akan menjadi Roboto di Android dan desktop serta font San Francisco di iOS.

7. Tinjau & publikasikan

Status publikasi aplikasi Google News.

Di sini Anda bisa mengetahui data mana saja yang belum terisi. Jika ada data yang belum terisi lengkap silakan klik Tinjau yang secara otomatis akan mengarahkan Anda ke bagian yang belum lengkap, eror atau belum terisi.

Sementara, apabila semua issue sudah fix atau sudah ditinjau, akan muncul juga tombol Tinjau kecil di bawahnya.

Tinjauan Google News.

Tombol ini akan mengarahkan Anda ke laman peninjauan kebijakan layanan Google News. Jadi silakan klik saja di situ.

Persyaratan Layanan Google News.

Ada dua jenis data dalam kolom peninjauan ini yakni Persyaratan layanan yang berisikan kebijakan Google News Publisher Agreement dan data persetujuan yang harus Anda isi dengan data yang sesuai.

Jika data-data di atas sudah selesai dimasukkan, langkah selanjutnya adalah centang kotak Saya telah membaca dan menerima Persyaratan Layanan Pusat Penerbitan Google Berita lalu klik Kirim.

Anda akan diarahkan lagi ke laman Tinjau & publikasikan. Di laman ini, secara otomatis tombol Publikasikan sudah muncul.

Silakan klik Publikasikan jika Anda ingin agar blog Anda secepatnya ditinjau oleh pihak Google News.

Anda juga bisa melihat apakah laman publikasi Anda sudah sesuai atau belum pada kolom Pratinjau.