Cara Mendaftarkan Situs Web atau Blog ke Google News (Google Berita)

Google News merupakan layanan Google yang menghimpun situs web [dan juga blog] dengan konten berita yang secara otomatis menampilkan berita dari berbagai media. Mesin pencari internet Google juga sudah terintegrasi dengan Google News. Sehingga setiap hasil pencarian dengan kata kunci yang sesuai akan menampilkan situs web berita dengan konten terkait.

Masuk dalam daftar Google News adalah idaman setiap blogger, pasalnya setiap situs web yang terdaftar ke Google News akan lebih diutamakan untuk tampil di halaman hasil pencarian Google. Akibatnya aliran pengunjung organik (bukan dari iklan) dari Google akan lebih deras.

Keuntungan lainnya, jika sudah masuk ke Google News, maka anda tidak perlu susah-susah untuk mengatur SEO ((Search Engine Optimization) atau Pengoptimalan Mesin Telusur lebih lanjut hanya untuk masuk ke halaman pertama hasil pencarian Google. Bahkan setiap penerbitan konten baru di situs web, akan langsung diindeks oleh mesin pencari Google langsung pada saat itu juga.

Pada awalnya Google News hanya tersedia dalam bahasa Inggris. Google News (dulu:Google Warta, sekarang: Google Berita) mendukung bahasa Indonesia sejak sekitar tahun 2014 lalu. Situs web pertama yang saya daftarkan di Google News adalah milik UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) di bidang jurnalistik ketika saya berkuliah di Universitas Andalas, lihat situs webnya DI SINI.

Genta Andalas di Google News
Genta Andalas di Google News (dapat diakses di sini).

Keuntungan yang Didapat Situs web yang Masuk ke Google News

Banyak keuntungan yang akan situs web Anda dapakan jika terdaftar di Google News. Selain tampil di kanal hasil pencarian, situs berita Anda akan hadir di kanal “berita” dan lebih diprioritaskan dari pada situs lainnya. Hasilnya trafik di situs web Anda dari adalah organik. Berikut ini adalah keuntungan yang akan Anda peroleh jika situs web Anda terdaftar di Google News.

1. Langsung terindeks oleh mesin pencari Google

Postingan Anda akan langsung diindeks oleh Google seketika setelah Anda mempublikasikan artikel Anda. Hal ini karena sifat berita daring yang membutuhkan kecepatan informasi [daripada ketepatan informasi].

2. Lalu lintas organik meningkat

Pengunjung yang masuk dari Google News akan dihitung sebagai pegunjung organik. Dalam perangkingan situs web, Google lebih memprioritaskan kunjungan dari halaman hasil pencarian di tempat mereka.

3. Akan diprioritaskan masuk halaman pertama hasil pencarian Google

Karena situs web berita akan diprioritaskan, maka tak butuh pengaturan SEO yang rumit untuk tampil di halaman pertama.

4. Meningkatkan penghasilan AdSense

Seiring dengan meningkatnya kunjungan ke situs web, seharusnya juga akan mempengaruhi penhasilan AdSense. Pengunjung organik adalah yang memiliki nilai klik tertinggi pada AdSense.

Cukup menggiurkan tentunya keuntungan yang akan didapat dari terdaftarnya situs web Anda di Google News.

Google News di iOS
Google News di iOS (sumber gambar: techcrunch.com)

Meski pun namanya Google News, tidak hanya situs web berita yang akan masuk ke Google News. Layanan ini menerima pendaftaran situs web dengan kategori sebagai berikut:

  1. Berita
  2. Blog
  3. Tutorial
  4. Tips dan Trik

Jika situs web anda juga masuk dalam kategori di atas, tidak ada salahnya untuk mendaftarkannya ke Google News. Tidak sulit untuk mendaftarkan situs web Anda di Google News. Namun untuk bisa diterima, akan ada seleksi ketat dan cukup memakan waktu. Kanal Google News hanya menerima situs web berita yang berkualitas [meski tidak selalu].

Berikutnya akan dibahas kiat-kiat mendaftarkan situs web Anda ke Google News:

1. Gunakan domain TLD (Top Level Domain)

Ini adalah persyaratan utama yang harus dimiliki. Top Level Domain (TLD) akan memiliki nilai kepercayaan yang tinggi. Menggunakan TLD akan dianggap lebih serius dalam pengerjaannya.

2. Utamakan menggunakan WordPress Self Hosting

Sebenarnya anda dapat menggunakan CMS lainnya untuk mendaftar Google News. Namun, CMS WordPress memiliki plugin yang lebih banyak untuk membantu peningkatan situs web.

3. Tampilan yang benar-benar terlihat sebagai situs web berita

Tampilan yang terlihat profesional akan membantu proses penerimaan situs web Anda di Google News. Lebih disarankan menggunakan tema magazine premium dengan fitur yang disesuaikan untuk situs web berita. Tema magazine akan meningkatkan kredibilitas situs web Anda. Dalam penilainnya, pihak Google News benar-benar akan meninjau situs web Anda.

4. Kelengkapan navigasi

Lengkapi situs web Anda untuk menunjang kepercayaan pengujung. Buatlah laman kontak, disclaimer, ToS, about, dan lainnya untuk menunjang. Selain itu, pihak Google News juga mengharuskan adanya peta situs khusus berita dalam indeks.

5. Menggunakan banyak penulis

Untuk diterima di Google News, disarankan banyak penulis dalam situs web Anda. Indikator banyaknya penulis yang adalah dari banyaknya konten yang ada di situs web. Namun tidak harus, Anda bisa saja menggunakan penulis bayangan.

6. Situs web telah berumur minimal enam bulan

Umur situs web dapat dilihat dari tanggal pendaftaran domain. Untuk amannya, saya sendiri hanya mengajukan domain yang telah berumur lebih dari 2 tahun dengan konten sudah mencapai ribuan.

7. Perlu diperhatikan juga

Pastikan situs web anda memiliki performa yang baik. Jangan sampai situs web anda susah diakses, berat, atau bahkan sama sekali tidak bisa diakses oleh peninjau dari Google News.

Halaman utama Google News
Halaman utama Google News.

Mendaftar ke Google News

  1. Masuk ke halaman https://partnerdash.google.com/partnerdash/d/news
  2. Saat laman diatas terbuka, akan tampil daftar situs Anda yang sudah diverifikasi di Google Webmaster untuk selanjutnya didaftarkan di Google News. Situs yang sudah di verifikasi akan memiliki keterangan klik “Request Inclusion in Google News”.
  3. Jika Anda sudah menentukan situs web yang akan di daftarkan, kemudian klik “Request Inclusion in Google News”. Selanjutnya akan muncul jendela pop-up baru yang mewajibkan sobat mengisi form pendaftaran tentang informasi umum situs web Anda.
    Dalam form tersebut Anda diminta mengisi :
    a. General information : Informasi umum tentang situs web
    b. Site information : informasi situs web, meliputi :

    • Source URL
    • Source Name
    • Site Language
    • City
    • State/Province
    • Region

    c. Categories : pilih kategori yang ada di di situs web. Dalam formulir Google News, ada pilihan beberapa kategori, yaitu :

    d. News sections information : dalam formulir ini bisa memasukan subdomain, jika situs web Anda menggunakan subdomain di tiap kategori.
    Setelah semua informasi umum di isi dengan benar, langkah terahir adalah centang kotak dibawah kemudian klik SUBMIT.

  4. Jika situs web sudah di-submit ke Google News. Maka dalam tampilan dasboard laman pendaftaran Google News akan berubah menjadi seperti dibawah ini.

Setelah situs web di daftarkan ke Google News, selanjutnya situs web Anda akan ditinjau oleh tim Google selama beberapa hari hingga beberapa bulan. Selama masa ini, sebaiknya lebih giat dalam menerbitkan artikel.

Sumber Klik Mania
Anda mungkin juga berminat
Komentar
Memuat...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More