Cara Mengaktifkan HTTPS / SSL di Blogger

HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) adalah versi aman dari  HTTP, protokol komunikasi World Wide Web (WWW). Protokol ini digunakan untuk melindungi (mengenkripsi) komunikasi data peramban dengan peladen dari penguping.

Selain menggunakan komunikasi plain text, HTTPS mengenkripsi data sesi menggunakan protokol SSL (Secure Socket Layer) atau protokol TLS (Transport Layer Security). Pada umumnya port HTTPS adalah 443.

Penggunaan HTTPS akan membantu mengoptimalkan blog pada mesin pencari, atau biasa dikenal dengan istilah SEO (Search Engine Optimization). Selain fungsi utamanya sebagai pelindung pengunjung, HTTPS juga berpengaruh terhadap penilaian website yang dilakukan mesin pencari.

Bagaimana Cara Mengaktifkan HTTPS di Blogger?

Fitur ini adalah salah satu hal baru yang ditambahkan oleh Blogger. Anak Google ini menggunakan layanan sertifikat SSL/TSL gratis dari Let’s Encrypt. Layanan ini mendukung subdomain blogspot dan custom domain. Untuk mengaktifkan di WordPress Self-Hosted dapat dilihat di sini.

  1. Pertama-tama silakan masuk ke dasbor Blogger anda di draft.blogger.com.
  2. Berikutnya klik menu Setelah > Dasar > HTTPS, kemudian pilih Ya pada menu Ketersediaan HTTPS.
  3. Setelah diaktifkan, tunggu hingga menu Pengalihan HTTPS diizinkan untuk diubah. Klik tombol refresh di peramban atau klik F5 pada keyboard. Jika sudah diizinkan, silakan pilih Ya pada pilhan Pengalihan HTTPS.
  4. Selesai

Hal yang perlu diperhatikan:

  1. Pastikan mengganti semua URL anda dengan awalan HTTPS pada template blog Anda.
  2. Submit kembali domain dengan awal HTTPS anda ke Search Console Google (https://www.google.com/webmasters/tools/).

Semoga bermanfaat 🙂

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Memuat...