CDN Cloudflare untuk Blogger? Ini 5 Fitur Menarik dari Cloudflare

Cloudflare CDN dengan Blogger
Cloudflare CDN dengan Blogger, via nurhidayat.web.id.

Cloudflare adalah layanan CDN (Content Delivery Network) yang sangat berguna meski Anda hanya menggunakan versi gratisnya.


Cloudflare sebagai DNS normal mampu mempercepat akses website dari berbagai negara.

Keunggulan lainnya dari Cloudflare adalah mereka menyembunyikan identitas nameserver dan IP dari website. Pada akhirnya yang dapat dilihat hanya data-data dari Cloudflare.

CDN ini akan mengatisipasi DDOS, hack, dan serangan lainnya terhadap website yang menggunakan layanannya.


Saya sendiri selalu menggunakan CDN Cloudflare untuk seluruh website yang dibangun dengan WordPress. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan security dan menekan konsumsi bandwidth.

Lalu bagaimana dengan platform Blogger?

Blogger sendiri memang menggunakan server dari Google sebagai host. Sehingga Anda tidak bisa melakukan banyak optimasi.

Meski tidak terlihat jelas, peningkatan kecepatan loading juga berlaku untuk Blogger. Website dengan platform Blogger akan lebih cepat dimuat setelah menggunakan layanan Cloudflare.

Di lain sisi, server Google sudah berkali-kali mengalami down semenjak pandemi ini. Dengan bantuan Cloudflare, website Blogger Anda akan tetap bisa ditampilkan meski bukan versi realtime.


Fitur Menarik Layanan Gratis Cloudflare

Satu hal yang menaik adalah fitur SSL (HTTPS) dari Cloudflare yang terpasang otomatis jika Anda mengaktifkannya pada dasbor Cloudflare.

SSL yang ditawarkan Cloudflare tentunya lebih baik daripada yang ditawarkan oleh Blogger. Anda bisa menemukan tambahan pengaturan yang tidak tersedia di Blogger.

Apa saja fitur menarik lainnya dari layanan gratis Cloudflare untuk Blogger?

Analytics

Anda akan mendapatkan lebih banyak informasi daripada hanya mengandalkan Google Analytics, khusus statistik yang terkait dengan keamanan


Misalnya pada statistik Threats, saya bisa melihat jumlah ancaman pada blog dengan spesifikasi ancaman terbanyak berupa bad browser (spesifikasi browser atau jaringan yang dilarang oleh Cloudflare karena dianggap berahaya).

Cloudflare Blogger Threats

Saya juga bisa melihat halaman blog yang telah di-cache. Di sini Anda bisa memperkirakan berapa pengunjung yang mengunjungi kembali blog Anda  ketika Cache Expires belum hilang.

Coudflare Web Traffic Bandwidth

Statistik Unique Visitor dari Cloudflare juga tidak kalah dari Google Analytics. Namun, dikemas dengan lebih sederhana.

Coudflare Web Traffic Unique Visitors

Cloudflare juga menyediakan beragam statistik lainnya, hanya saja kalau ingin lebih detail harus mengaktifkan fitur Pro sebesar $20/bulan.


Cloudflare Pro

SSL Cloudflare

Ingat bahwa salah satu faktor penting SEO adalah penggunaan SSL/HTTPS pada website (Baca).

Cloudflare memberikan SSL secara gratis bagi penggunanya, Anda bisa memilih untuk mengaktifkannya atau tidak.

Anda cukup mengaktifkan Proxied (ikon awan oranye pada pengaturan DNS) pada Proxy status. Lalu blog Anda secara otomatis akan menggunakan SSL dari Cloudflare.

SSL Cloudflare

Kenapa SSL Cloudflare lebih hebat dari SSL Blogger? Karena Anda bisa mendapatkan pengaturan lebih banyak di Cloudflare! Selain masa aktifnya yang lama, ini sebagian dari fitur yang di tawarkan.

SSL Cloudflare Feature

Auto Minify

Cloudflare secara otomatis akan melakukan minify terhadap kode JavaScript, CSS, dan HTML pada blog Anda. Sehingga, ukuran blog akan lebih ringan.

Minify atau minifikasi pada pemrograman komputer adalah proses menghapus semua karakter yang tidak perlu dari kode sumber bahasa pemrograman tanpa mengubah fungsinya.

Auto Minify Cloudflare

Auto Minify akan memaksimalkan load time blog Anda, sehingga akan lebih cepat loading-nya.

Rocket Loader

Rocket Loader yang dikembangkan Cloudflare ini berfungsi seperti Lazy Load yang sudah menjadi bawaan pada WordPress. Akan tetapi, Blogger secara bawaan tidak mendukung Lazy Load.

Fitur ini akan memuat bagian yang di prioritaskan di template atau dapat dianggap sebagai konten utama blog.

Rocket Loader Cloudflare

Setelah konten utama dimuat, baru konten lainnya dimuat. Dengan ini, kecepatan akses blog akan lebih cepat, dan pengunjung tidak pergi sebelum melihat konten yang terdapat pada blog.

Kecepatan blog juga berpengaruh terhadap SEO. Secara tidak langsung, website yang lebih cepat akan berada di posisi lebih baik pada hasil pencarian Google.

Gratis

Anda bisa mendapatkan 4 layanan Cloudflare yang dijelaskan sebelumnya secara gratis. Tentunya selama itu gratis, tentunya akan termasuk fitur unggulan.

Anda juga bisa mendapatkan fitur lebih lengkap dengan membayar sesuai dengan plan yang tersedia: Pro, Business, dan Enterprise.

Meski demikian, saya rasa fitur dari plan Free sudah lebih dari cukup

Cloudflare Plan

Itulah 5 fitur unggulan dari Cloudflare yang cukup menarik. Menggunakan Cloudflare di Blogger memang tidak seleluasa menggunakan dengan WordPress. Namun, Cloudflare akan tetap berguna untuk platform Blogger.

Syarat agar blog Anda bisa menggunakan fitur Cloudflare tersebut adalah sudah menggunakan Blogger Custom Domain. Karena Anda harus mengganti nameserver dari domain agar diarahkan ke nameserver Cloudflare.

Semoga bermanfaat. 🙂