Connect with us

Hi, what are you looking for?

Sejarah

Dari PlasaCom Menjadi BlanjaCom

Plasa.com
Tampilan Plasa.com pada tahun 2009 (Sumber gambar: deddyprihadi.wordpress.com)

Plasa.com adalah layanan portal dari PT Telkom, yang menyediakan berbagai layanan gratis seperti webmail, KSI (Komunitas Sekolah Indonesia), forum, dan instant messenger. Semua layanannya dikembangkan Telkom sejak 1999 hingga 2014. Sebelum akhirnya menjadi Blanja.com, layanan perdagangan elektronik (electronic commerce atau e-commerce) hasil kerja sama Telkom dan eBay).

Saya pertama kali menggunakan internet pada tahun 2002. Sebagai netizen lama yang hanya mengakses internet dari telepon kabel, saya tidak langsung menggunakan layanan webmail dari GMail atau Y!Mail. Salah satu webmail yang pernah saya pakai di awal kenal internet adalah PlasaMail.

TelkomNet Mail

TelkomNet Mail (Sumber gambar: mail.telkom.net)

Layanan PlasaMail banyak dikritik karena spam yang merajalela. Meski demikian, layanan webmail mereka semakin populer dan tampilannya juga terus diperbarui. Kapasitas pun ditingkatkan dari 6 MB ke 10 MB. Tahun 2002, tampilan PlasaCom, PlasaMail, dan KSI diperbarui. Tampilan ini bertahan sampai tahun 2006. Pada tahun 2008 situs PlasaCom kembali berubah. Tahun 2010 PlasaCom akhirnya berubah menjadi portal belanja. Portal PlasaMail dihentikan (juga layanan portal seperti KSI), para penggunanya dialihkan ke Microsoft Live Domains, sebagai custom domain dari Hotmail/Outlook.com.

Pada tahun 2014, layanan PlasaMail benar-benar dihentikan dan tidak bisa lagi menggunakan domain @plasa.com. Pengguna PlasaMail diminta membuat alamat surel baru dengan domain outlook.com atau outlook.co.id. Plasa.com benar-benar fokus ke e-commerce. Setiap akses ke domain Plasa.com akan dialihkan ke Blanja.com.

Advertisement. Scroll to continue reading.
Comments
Advertisement

Baca Tulisan Menarik Lainnya

Advertisement

YAou're currently offline