Google+ Resmi Ditutup 2 April 2019

Google+, platform media sosial milik Google akan resmi ditutup pada 2 April 2019 mendatang. Langkah ini bukan penutupan platform media sosial milik raksasa internet Google yang pertama. Sebelumnya Google memiliki Google Buzz yang juga gagal meraih sukses.

Seperti Google Buzz, layanan yang diluncurkan pada 28 Juni 2011 ini akhirnya harus ditutup juga.  Sejak Desember 2018 melalui GMail, Google telah memberikan kabar penutupan salah satu produknya, Google+. Melalui surel tersebut, Google meminta penggunanya sebaiknya melakukan pencadangan data terhadap konten yang telah diposting di Google+.

Google melakukan penutupan ini secara bertahap. Dimulai tidak bisanya pengguna membuat akun baru di Google+ baik itu profil, pages, communities, ataupun events mulai 4 Februari 2019. Pemilik ataupun moderator Google+ Community diberikan waktu mulai awal Maret 2019 untuk mencadangkan data-data mereka.

Berkenaan dengan layanan Blogger, seluruh hal berkaitan dengan Google+ juga dihapus. Mulai 4 Februari 2019, seluruh komentar kita dengan akun Google+ yang kita gunakan pada kolom komentar di blog milik sendiri akan dihapus pada 4 Februari 2019, untuk komentar kita di website orang lain akan dihapus pada 7 Maret 2019. Dan untuk semua komentar yang berkaitan dengan akun Google+ akan mulai dihapus pada 2 April 2019.

Tentu ditutupnya Google+ ada penyebabnya. Selain karena memang sepi peminat. Terbukti dengan jumlah pengguna yang kalah jauh dari Facebook dan Instragram atau Twitter. Ternyata karena telah terjadi kebocoran data ±500.000 data pribadi pengguna Google+.

Kebocoran data pengguna memang juga dialami oleh pesaingnya. Tetapi karena media sosial bukan bisnis utama Google, sepertinya tidak masalah untuk dikorbankan. Toh Google bisa membuat platform media sosial baru ke depannya. Kita tunggu saja kejutan dari Google.

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Memuat...