Hari Radio Sedunia, Terlambat Tetapi Lebih Baik Daripada Tidak Sama Sekali

Peringatan Hari Radio Sedunia (World Radio Day) hingga tahun ini baru dilaksanakan sebanyak enam kali. Tepatnya, Hari Radio Sedunia diperingati setiap tanggal 13 Februari. Pertama kalinya diperingati pada tahun 2014.

Saat saya masih jadi pendengar setia radio di masa sekolah, Hari Radio Sedunia belum ada. Jadi jelas tidak ada yang namanya Hari Radio Sedunia, akan tetapi telah ada Hari Radio Nasional yang diperingati setiap 11 September.

Peringatan ini saya rasa agak terlambat, karena saat ini pendegar radio tidak sebanyak dahulu. Orang-orang lebih memilih mendengarkan musik melalui aplikasi streaming musik dan membaca berita langsung dari website media massa. Akan tetapi, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.

Sejarah Hari Radio Sedunia

Menurut website resmi KPI, Peringatan Hari Radio Sedunia diusulkan oleh Spanyol pada 20 September 2010. Dewan Eksekutif UNESCO memasukkan agenda ini ke dalam agenda resmi Konferensi Umum ke-36 UNESCO dan mengumumkan ke publik pada 29 September 2011.

Hasil dari Konferensi Umum UNESCO ini dicantumkan dalam dokumen UNESCO 187 EX/13, hingga dapat dirayakan oleh semua negara anggota PBB. Hari Radio Sedunia diperingati mulai 2014.

Tema Hari Radio Sedunia

Setiap tahun peringatan Hari Radio Sedunia, UNESCO menerapkan tema tertentu dalam merayakannya. Pada 2019 ini, diusung tema “Dialog, Toleransi, dan Perdamaian”. Berikut daftar tema peringatan Hari Radio Sedunia dari awal pelaksanaanya:

  • Hari Radio Sedunia 2014: Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan di Radio
  • Hari Radio Sedunia 2015: Muda dan Radio
  • Hari Radio Sedunia 2016: Peran Radio dalam Keadaan Darurat dan Bencana
  • Hari Radio Sedunia 2017: Radio Anda
  • Hari Radio Sedunia 2018: Radio dan Olahraga
  • Hari Radio Sedunia 2019: Dialog, Toleransi, dan Perdamaian.

Di berbagai belahan dunia, Hari Radio Sedunia diperingati dengan berbagai cara. Mendengarkan siaran musik terbaik dan terbaru dari stasiun radio adalah salah satu cara merayakannya.

Komentar
Memuat...