Mengamankan Situs Web Berbasis WordPress.org dengan SSL Gratisan di CPanel

Sertifikat SSL berfungsi untuk mengamankan transaksi pada situs. Tanda telah digunakannya SSL pada situs adalah ikon gembok berwarna hijau (pada peramban Mozilla Firefox) dan alamat situs diawali dengan HTTPS.

Pertanyaan yang muncul adalah “Apakah blog yang tidak ada aktifitas pembayawan dan sejenisnya perlu memasang SSL?”

Blog maupun situs biasa disarankan memakai SSL karena sistem peringkat di Google, mesin pencari internet nomor satu saat ini, lebih mengutamakan situs yang menggunakan sertifikat SSL.

Kali ini saya akan mengulas langkah untuk menggunakan sertifikat SSL gratis di WordPress dengan hosting sendiri.

Anda membutuhkan sertifikat SSL agar bisa mengaktifikan fitur HTTPS di WordPress. Sertifikat ini bisa dibeli di penyedia hosting. Dikarenakan dananya minim, saya memilih menggunakan sertifikat SSL gratisan yang disediakan oleh hosting yang saya pergunakan. SSL yang digunakan adalah Let’s Encrypt SSL.

Pemasangannya cukup mudah, silakan masuk ke CPanel kemudian pilih “Let’s Encrypt SSL”.

Klik “Issue” di list blog yang akan dipasangi SSL. Setelah itu tinggal ikuti langkah-langkahnya.

Setelah selesai silakan login ke dashboard WordPress. Masuk ke “Settings”- “General”. Ubah “WordPress Address” dan “Site Address” dengan awalan https.

Silakan buka alamat blog WordPress Anda, maka alamatnya menjadi HTTPS dan akan ada icon gembok hijau dengan tulisan “Aman”.

Jika gembok belum berwarna hijau, berarti masih ada item semisal pranala, gambar, dsb yang belum berubah ke HTTPS. Untuk mengecek kesalahan bisa memakai whynopadlock.com.

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Memuat...