Beranda Sain & Teknologi Mengamankan Situs Web Berbasis WordPress.org dengan SSL Gratisan di CPanel

Mengamankan Situs Web Berbasis WordPress.org dengan SSL Gratisan di CPanel

0
BERBAGI
Mengamankan Situs Web Berbasis WordPress.org dengan SSL Gratisan di CPanel.
WordPress + SSL, via twistermc.com

Sertifikat SSL membantu keamanan situs web menjadi lebih baik. Tanda telah digunakan sertifikat tersebut terdapat pada address bar dimana adanya ikon gembok berwarna hijau dan alamat URL diawali dengan HTTPS.

SSL adalah protokol keamanan yang digunakan pada hampir semua transaksi aman pada internet. SSL mengubah suatu protokol transport seperti TCP menjadi sebuah saluran komunikasi aman yang cocok untuk transaksi yang sensitif seperti Paypal, Internet Banking, dan lain-lain.

Pertanyaannya, apakah blog perlu memasang SSL? Sebagaimana diketahui, mayoritas blog tidak memiliki aktifitas pembayaran dan sejenisnya.

Blog disarankan juga memakai SSL/HTTPS karena sistem peringkat Google akan lebih mengutamakan situs yang menggunakan SSL/HTTPS.

Apabila Anda menggunakan WordPress.com maka secara otomatis akan dilengkapi fitur SSL/HTTPS. Berbeda dengan WordPress.org yang menuntut penggunanya untuk mandiri dalam memasang SSL/HTTPS. Dalam artikel ini akan dibahas sedikit ulasan untuk setting HTTPS di WordPress.org dengan SSL gratisan yang disediakan di CPanel.

Untuk mengaktifkan fitur HTTPS di WordPress.org maka membutuhkan sertifikat SSL. Sertifikat ini bisa dibeli di penyedia hosting. Dikarenakan dananya mepet, maklum mahasiswa, saya memilih menggunakan SSL gratisan yang disediakan oleh penyedia hosting yang sudah diinstalkan di CPanel. SSL yang digunakan adalah Let’s Encrypt SSL. Pemasangannya cukup mudah, silakan masuk ke CPanel kemudian pilih “Let’s Encrypt SSL”.

Mengamankan Situs Web Berbasis WordPress.org dengan SSL Gratisan di CPanel.

Klik “Issue” di list blog yang akan dipasangi SSL. Setelah itu tinggal ikuti langkah-langkahnya.

Setelah selesai silakan login ke “Dashboard” situs WordPress Anda. Masuk ke “Settings” – “General”. Ubah “WordPress Address” dan “Site Address” menjadi https.

Silakan buka alamat blog WordPress Anda, maka alamatnya akan menjadi https dan akan ada ikon gembok berwarna hijau.

Mengamankan Situs Web Berbasis WordPress.org dengan SSL Gratisan di CPanel.

Jika gembok belum berwarna hijau berarti masih ada item semisal link, gambar, dsb yang belum berubah ke https. Untuk mengecek kesalahan bisa memakai www.whynopadlock.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here