Beranda Sains dan Teknologi Perbandingan Wordpress.com dan Wordpress.org

Perbandingan Wordpress.com dan Wordpress.org

3
0
BERBAGI

Sebelum nge-blog di blog ini saya menggunakan CMS Wordpress di versi gratisan di wordpress.com (vonem.wordpress.com). Tetapi, sekarang saya menggunakan versi hostingan sendiri (wordpress.org) karena berbagai alasan yang menguatkan saya untuk pindah ke hostingan sendiri.

Seperti yang saya ketahui sebelumnya perbedaan utama wordpress.com dengan wordpress.org adalah wordpress.com merupakan sebuah website yang memberikan layanan untuk membuat blog gratis dengan hosting gratis dari pihak WordPress, sedangkan wordpress.org  adalah sebuah website yang menyediakan software (CMS) yang dinamakan WordPress yang bisa digunakan sebagai template untuk membuat blog.

Perbandingan wordpress.com dibanding wordpress.org:

Di bawah ini saya berikan sedikit perbandingan dari platform blog di wordpress.com dan wordpress.berdasarkan hasil pengamatan saya sendiri.

Proses dalam Pembuatan Blog

  1. Untuk membuat blog di wordpress.com terhitung sangat mudah, hanya dengan mendaftar lalu memilih nama blog dan taraaaa blog kita sudah bisa langsung bisa digunakan. Kita tidak perlu dipusingkan lagi dengan domain, web hosting, dan konfigurasi keduanya. Kita seperti membeli sebuah robot jadi, yang tinggal dipergunakan.
  2. Sebaliknya, di wordpress.org prosesnya agak lebih panjang, sebelumnya kita terlebih dulu harus mempunyai domain dan sewa web hosting, dilanjut dengan konfigurasi keduanya baru setelah itu baru blog kita bisa siap digunakan. Terlepas dari adanya domain dan web hosting yang gratis, kedua hal tersebut tetap harus kita persiapkan terlebih dahulu sebelum blog kita siap digunakan. Disini kita seperti membeli robot rakitan, yang mesti kita rakit dahulu sebelum dipergunakan.

Kapasitas Penyimpanan Data dalam Blog

  1. Untuk wordpress.com disediakan kapasitas gratis 3 Gb untuk keperluan penyimpanan data pada blog kita.
  2. Untuk wordpress.org kapasitas penyimpanan datanya tergantung dari paket hosting yang kita sewa.

Fitur

  1. Di wordpress.com sudah disediakan (include) fitur-fitur yang menunjang kelangsungan blog kita, diantaranya cek Feedbacks, Follow Blog, Connections, Polling, Ratings, Sharing artikel dan Publish Otomatis Artikel ke Sosial Media diantaranya ke Twitter, Facebook, Google +, Pencegahan spam dengan Akismet, Statistik blog, dan lain-lain.
  2. Di wordpress.org fitur-fitur yang disebutkan di atas tidak terdapat di wordpress.org. Tetapi bisa disiasati dengan menggunakan plugin seperti plugin Jetpack, dan lain-lain.

Custom Design

  1. Di wordpress.com sebenarnya disediakan fitur untuk Custom Design seperti CSS dan Fonts blog kita, tetapi bisa didapat dengan cara membayar, walaupun bisa dicoba sementara dengan gratis.
  2. Di wordpress.org diberikan keleluasaan untuk melakukan Custom Design baik itu CSS, Fonts, dan Javascript. Sehingga fitur itu sangat berguna bagi yang suka mengutak-atik tampilan blog dengan lebih leluasa.

Kayaknya cukup sekian dulu ya biar gak kepanjangan artikelnya. Lain waktu saya sambung lagi. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here