Pilih Pinjaman Pribadi Yang Tepat Untuk Memecahkan Masalah Keuangan Anda

Kebutuhan akan dana tamabahan untuk berbagai kebutuhan memang tidak bisa terelakan. Apalagi dengan kenaikan harga yang terjadi sekarang ini, tabungan yang dipersiapkan terkadang tidak mencukupi.

Dengan melihat kebutuhan ini, pihak perbankan maupun non perbankan menyediakan layanan keuangan berupa pinjaman pribadi. Tentunya layanan ini hadir dalam berbagai bentuk tergantung dari kebutuhan dan kemampuan bayar nasabah.

Ada beberapa jenis pinjaman pribadi yang bisa Anda temukan, baik menurut kebutuhannya maupun menurut sistem atau skemanya.

Menurut kebutuhannya, ada pinjaman usaha, pinjaman pendidikan, pinjaman renovasi, dan pinjaman pendidikan. Sedangkan jika dibagi menurut sistemnya, dapat dijabarkan secara ringkas seperti di bawah ini.

Pinjaman gaji

Skema pinjaman ini memungkinkan siapa saja untuk mendapatkan pinjaman pribadi dalam waktu singkat. Cara mendapatkannya juga relatif mudah karena persyaratan utamanya adalah slip gaji dari tempat Anda bekerja. Karena pinjaman gaji ini didasarkan pada gaji debitur, maka tenor yang ditawarkan adalah 30 hari. Sehingga debitur bisa membayar setelah menerima gajinya.

Walaupun pinjaman jenis ini cocok untuk kebutuhan mendesak namun harus diperhatikan bahwa bunga pinjaman juga tinggi. Selain itu, pinjaman gaji juga hanya menawarkan nominal pinjaman yang kecil.

Pinjaman uang muka

Walaupun hadir dengan nama berbeda, namun pinjaman uang muka pada dasarnya memiliki skema yang sama dengan pinjaman gaji.

Debitur meminjam sejumlah uang sebelum menerima gaji bulanan. selain menawarkan tenor yang singkat, pinjaman jenis ini juga menarik bunga yang tinggi dari para debiturnya. Oleh karena itu, walaupun Anda berada dalam kondisi terdesak, usahakan untuk menghindari pinjaman jenis ini. Karena bisa memberatkan saat Anda membayar utang nantinya.

Pinjaman jangka panjang

Berikutnya adalah pinjaman yang menawarkan tenor untuk kurun waktu yang lama. Pinjaman berjangka panjang ini pada dasarnya adalah pinjaman yang menawarkan tenor lebih dari 5 tahun.

Dengan pinjaman pribadi jenis ini, debitur bisa mendapatkan pinjaman dalam jumlah besar dan bunga yang rendah. Biasanya bunga untuk pinjaman jangka panjang ini ada di kisaran 1% sampai 3% per bulannya.  Misalnya jika meminjam sebesar Rp 25 juta dengan tenor 5 tahun dengan bunga flat 1% maka angsuran bulanannya hanya Rp 640.000.

Pinjaman jenis ini akan lebih mudah prosesnya jika Anda memiliki jaminan seperti kendaraan. Selain itu karena angka pinjaman yang besar, calon debitur harus melewati proses pengajuan yang lebih rumit.

Namun jika Anda membutuhkan modal untuk jangka panjang atau dana untuk membeli aset, maka pinjaman jangka panjang adalah jawabannya. Dengan demikian Anda tidak akan terlilit bunga utang yang besar.

Pinjaman jangka pendek

Pinjaman jangka pendek ini banyak jenisnya, diantaranya adalah pinjaman uang muka dan gaji. Namun saat ini muncul banyak layanan pinjaman kilat yang menawarkan pinjaman jangka pendek dengan bunga yang wajar, yaitu sekitar 5% per bulannya.

Ciri utama dari pinjaman jangka pendek adalah tenornya yang singkat, yaitu antara beberapa bulan hingga setahun. Adapun setahun sampai 5 tahun sudah masuk dalam pinjaman jangka menengah.

Pinjaman seperti ini cocok untuk Anda yang menjalankan usaha kecil. Proses pengajuannya juga tidak serumit pinjaman jangka panjang. Hal ini karena persyaratan mengenai status kredit tidak terlalu ketat.

Dari sejumlah jenis pinjaman pribadi di atas, Anda bisa memilih dengan bijaksana mana yang tidak memberatkan sistem pembayarannya. Sebagai bahan pertimbangan, Anda juga bisa memperoleh informasi mengenai kredit tanpa agunan dari AturDuit.com.

Komentar
Memuat...