S2 Magister Teknologi Informasi di Universitas Indonesia

Minggu ini memasuki pekan kedua saya berkuliah sebagai mahasiswa Universitas Indonesia (UI), tepatnya di Magister Teknologi Informasi (MTI). Pada tulisan kali ini, saya ingin bercerita sedikit mengenai mengapa saya bisa berkuliah di kampus UI Salemba.

Saya diwisuda sebagai sarjana Sistem Informasi pada 25 Agustus 2018 di Universitas Andalas, masih terhitung fresh graduate lah.

Selama masa mencari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan, saya disarankan orang tua untuk mencoba mengikuti ujian masuk S2. Saya mulai mencari tempat untuk melanjutkan pendidikan, mulai dari yang negeri hingga yang swasta, mulai dari yang di Jawa hingga tentunya di Padang.

Entah mengapa untuk pascasarjana ini, biaya kuliah swasta lebih murah daripada negeri. Program S2 Sistem Informasi di UP* saja hanya Rp 5 juta per semester berbanding dengan Rp 15 juta per semester di IT*.  Perlu dicari juga adalah beasiswa, semacam beasiswa LPDP atau lainnya. Saya membayar biaya kuliah dari dana sendiri.

SIMAK UI

Saya mengikuti Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) pada bulan November 2018. Mahar untuk mengikuti SIMAK adalah Rp 750 ribu. Ujiannya dilaksanakan di kampus UI Depok, saya sendiri melaksanakan ujian masuk di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya.

Ruang Ujian SIMAK UI
Gedung Ujian SIMAK UI saya (Foto: Koleksi Pribadi)

Ujiannya dilaksanakan pada Minggu, 11 November 2018 mulai dari pukul 7 pagi. Pakaian yang dipakai untuk ujian cukup santai, bebas asal sopan. Karena baru pertama kali ikut tes masuk (saya kuliah S1 lewat program SNMPTN 2013), saya enggak sempat sarapan. Beruntung saya bisa tinggal di rumah teman saat kuliah S1 dulu yang kebetulan tidak jauh dari kampus UI Depok. Terima kasih untuk teman dekat yang membantu mempesiapkan ujiannya.

Materi yang diuji pada SIMAK adalah Bahasa Inggris (mirip tes TOEFL dengan porsi grammar dan reading, hanya saja tanpa listening) dan Tes Potensi Akademik (TPA) dengan soal yang begitu banyak dan waktu yang begitu singkat.

Pengumuman

Senin, 10 Desember 2018 sore (pengumumannya awalnya pagi tetapi berubah menjadi sore) saya melihat pengumuman di website Penerimaan UI dan membaca kalimat “Selamat, Anda diterima sebagai calon mahasiswa baru Universitas Indonesia”. Alhamdulillah, saya lulus di kesempatan pertama mengikuti tes masuknya.

Orientasi Mahasiswa Baru

Daftar Ulang

Sebelum mengikuti kegiatan Orientasi Mahasiswa Baru (OBM), seluruh calon mahasiswa harus mendaftar ulang di Gedung Balairung UI Depok. Jadwal aslinya adalah pukul 12 tetapi karena terlalu rajin, saya sudah sampai di Gedung Balairung pukul 9. Langsung masuk, sehingga sebelum pukul 10 saya telah selesai mendaftar ulang.

KTM UI
KTM UI (Foto: Koleksi Pribadi)

Prosesi daftar ulang di Gedung Balairung dilakukan dari meja ke meja dengan menyerahkan fotokopi kartu BPJS dan cetakan praregistrasi serta memperlihatkan kartu ujian, ijazah dan transkrip nilai asli. Setelah semua urusan selesai, akan diserahkan kartu mahasiswa, jaket kuning, lambang UI, dan kopiah UI. Kartu mahasiswa ini adalah kartu uang elektronik TapCash dari BNI. Bagaimana perasaan saya? Pastinya bangga rasanya jadi mahasiswa UI.

Pelaksanaan OBM

OBM dilaksanakan pada Senin 21 Januari s.d. Jumat 1 Februari 2019. Kegiatannya lebih banyak dalam bentuk presentasi. Saat pembukaan OBM, Ibu Betty Purwandari, ketua jurusan (kajur) memperkenalkan pemangku kepentingan di fakultas, dosen jurusan, pegawai sekretariat, hingga petugas keamanan. Salah satu hal menyenangkan yang disampai adalah pemberitahuan bakal ada makan malam selama perkuliahan. Di akhir, Ibu kajur berpesan agar lulus tepat waktu. Baiklah.

Selama OBM, peserta juga diberi tugas kelompok membuat makalah tentang permasalahan IT di lingkungan sekitar hingga tingkat nasional. Makalah kelompok saya saat itu mengenai tantangan pemanfaatan teknologi digital pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia dipresentasikan pada hari terkahir OBM. Selain itu, juga ada sesi berbagi bersama alumni MTI UI dan sesi bersama asisten dosen.

Dalam perkenalan kurikulumnya turut disampaikan kerjasama MTI UI dan Magister Management (MM) UI untuk bidang minat Digital Economy, mahasiswa MTI dapat mengambil mata kuliah pilihan di MM UI dan begitu pula sebaliknya, mahasiswa MM UI dapat mengambil mata kuliah pilihan di MTI UI.

Perkuliahan

Semester 1

Tengah berlangsung~

Catatan:

  1. Tulisan ini diupayakan untuk terus diperbaharui setiap semesternya hingga saya lulus.

Kata kunci pencarian:

  • jadwal kuliah mti ui
  • magister teknologi informasi yg murah
  • masuk s2 UI pakai orang dalam
Komentar
Memuat...