Seperti Apa Komposisi Kabinet Kerja Jilid 2 Jokowi?

Setelah dinyatakan kembali terpilih sebagai Presiden Republik Indonesia untuk lima tahun ke depan, Joko Widodo yang akrab disebut Jokowi bersama Ma’ruf Amin mengakui telah mengantongi nama-nama yang akan menjadi kandidat menterinya.

Meski nama-namanya masih dirahasiakan, Jokowi telah memberikan bocoran terkait nama menterinya untuk Kabinet Kerja Jilid Kedua. Diperkirakan bakal ada yang kembali menjabat. Selain itu, beberapa menteri petahana telah menyatakan keengganannya untuk menjabat kembali.

Berdasarkan bocoran-bocoran yang disampaikan di media massa, berikut ulasan singkat soal darimana kalangan menteri di kabinet baru akan berasal:

1. Profesional dan Parpol

Selain mengambil kalangan dari parpol koalisi pendukung pencalonan, kabinet Joko Widodo dan Ma’ruf Amin akan memiliki komposisi dari kalangan profesional. Jika menilik kabinet saat ini, tercatat 18 menteri dari kalangan profesional dan 14 menteri dari kalangan politikus.

2. Terdapat Kalangan Milenial

Joko Widodo sempat membocorkan susunan Kabinet Kerja Jilid Kedua akan diisi oleh anak muda, diperkirakan baik dari partai politik dan profesional muda akan masuk penjaringan.

3. Tidak menutup kemungkinan Menteri lama

Secara spesifik Joko Widodo tidak pernah menyebutkan nama yang akan dipertahankan. Akan tetapi, ia mengakui banyak menteri sekarang yang akan bertahan.

Diantara itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo tidak berharap dipilih kembali untuk posisi Mendagri. Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin juga mengakui tidak berminat untuk menjabat kembali di pemerintahan.

Artikel terkait
Komentar
Memuat...