Ulasan Platform Blogging dengan Domain .MY.ID dan Hosting Gratis dari PANDI

 

Domain .MY.ID merupakan salah satu country code top-level domain (ccTLD) dari Indonesia. Dan blog ini sendiri, https://www.zakiy.my.id telah menggunakan domain .MY.ID sejak 2012. Sebelumnya menggunakan domain https://www.fwzakiy.com.

Program platform blog gratis dengan domain .MY.ID ternyata telah diperkenalkan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) sejak tahun lalu. Platform blog seperti halnya WordPress.com dan Blogger. Jadi, domain MY.ID tidak hanya sekadar domain yang didaftarkan di registrar.

Whois dari domain blog ini.

Sementara saya sendiri baru tau sebulan lalu kalau PANDI menyediakan domain .my.id gratis bagi melalui https://www.my.id/.

Penyebabnya karena saya dan PANDI saling unfollow di Twitter -_-”

Sampai saat ini, domain blog ini masih tetap seharga Rp 50.000,00 / tahunnya.

Mengapa Domain .MY.ID?

Sebenarnya pernah saya ulas dulu di blog ini. Tapi karena blog ini sudah saya reset, sehingga tak ada lagi.

Di tulisan ini saya hanya akan fokus mengulas platform blog yang ditawarkan PANDI. Keunggulan utamanya tentu saja karena DOMAIN GRATIS yang ditawarkan. Syaratnya cukup mendaftar menggunakan akun U.ID.

BACA JUGA:  Bagaimana Cara Menambahkan Inline Related Posts di Postingan WordPress
Tampilan website U.ID.

Keunggulan berikutnya adalah karena cara pendaftaran yang menggunakan satu identitas untuk seluruh aktivitas dari U.ID. Layanan dari PANDI ini terintegrasi dengan basis data NIK (Nomor Induk Kependudukan) milik Kemendagri. Anda akan dapat langsung mendaftarkan domain .MY.ID anda sebelum keduluan orang lain jika Anda telah terdaftar dalam e-KTP.

Setiap pendaftar di U.ID akan menjadi pengguna yang bernar-benar terverifikasi. Berbeda dengan platform blog lain yang menjadi sarang hoaks dan penebar kebencian. Apabila domain ID digunakan untuk itu, maka bersiaplah segera diciduk.

Platfom blog .MY.ID dari PANDI.

Selain karena sistemnya yang terintegrasi dengan NIK, platform ini bisa juga mempromosikan tulisan anda. Setiap artikel baru akan tampil di di laman https://www.my.id.

Mendaftar .MY.ID

Berikut panduannya:

  1. Anda dapat membuat blog dan masuk ke panel administrator my.id menggunakan akun u.id.
  2. Jika belum memiliki akun u.id dapat mendaftar di sini.
  3. Jika sudah memiliki akun u.id dapat langsung melakukan pendaftaran my.id melalui menu Masuk/Buat Blog.
  4. Anda akan dialihkan ke U.ID dan diminta masuk serta mengisi judul blog dan domain yang diinginkan.
  5. Jika domain tersedia, blog Anda berhasil dibuat dan akan aktif dalam waktu 15 sampai 30 menit menunggu masa propagasi domain.
  6. Setelah blog aktif, anda dapat masuk ke panel administrator my.id melalui menu Masuk/Buat Blog.
  7. Selamat menulis!
BACA JUGA:  Ingin Beli Mobil atau Motor Bekas? Pelajari Cara Balik Nama dan Pembuatan STNK

Catatan

  1. Layanan blog gratis ini sayangnya hanya menyediakan kapasistas sebesar 500 MB, dan batas unggahan berkas sebesar 1 MB. Jadi bisa dipastikan tidak bisa mengunggah terlalu banyak gambar. Saran saya, tempatkan gambar di tempat lain semisal Blogger, WordPress.com atau yang lain.
  2. Layanan blog gratis ini tidak memperkenankan menggunakan plugin maupun tema tambahan bahkan yang disediakan oleh layanan tema dan plugin WordPress.com. Tema bawaan yang disediakan hanya berjumlah 12. Intinya tidak bisa berkreasi apa lebih terhadap tampilan. Ini sepertinya karana dikhawatirkan akan menjadi celah keamanan karena bisa saja tema dan plugin yang dipasang pengguna mengandung kode berbahaya.
  3. Meskipun menggunakan platform WordPress, untuk melakukan login ke layanan blog ini tetap akan menggunakan sistem U.ID. Akan tetapi tetap bisa diakses melalui http://domainanda.my.id/wp-admin.
  4. Tidak menggunakan sertifikasi SSL. Padahal saat ini mesin pencari internet akan mendahulukan website HTTPS.
  5. Anda harus lebih awas terhadap spam yang masuk di komentar blog Anda. Karena layanan Akismet yang dipasang di platform ini tidak bekerja.

    Antispam Akismet-nya tidak bekerja.

Sudah saya tanyakan perihal Akismet kepada PANDI melalui Facebook. Akan tetapi, hanya di-read. Bikin saya tidak berminat saja pakainya.

Secara keseluruhan platform ini bisa dibilang lumayan bagus mengingat PANDI berani memberikan domain, bukan hanya subdomain seperti platform lain. Selain itu para penulis juga dapat “promosi” gratis tulisan yang dibuat. Sampai tulisan ini dibuat, umur MY.ID belum genap 1 tahun sejak launching, berarti kita bisa berharap platform ini akan lebih baik dikemudian hari.

Incoming search terms:

  • футболист мусульманин
BACA JUGA:  Baca Pesan WhatsApp Tanpa Ketahuan Pengirim
Anda mungkin juga berminat
Komentar
Memuat...