Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tutorial

Upgrade Windows 7 ke Windows 10 Masih Bisa Gratis

Windows 10 Update
Windows 10 Update (via Microsoft)

Ketika meluncurkan Windows 10 pada tahun 2015 lalu, Microsoft memberikan upgrade bagi pengguna yang mendapatkan notifikasi “Get Windows 10”.

Dukungan terhadap Windows 7 resmi dihentikan pada 14 Januari 2020, yang berarti tidak ada lagi dukungan dan update lagi bagi software dan keamanan. Dan seharusnya, ini adalah waktunya bagi Anda untuk segera berpindah ke Windows 10 (Windows 8 tidak akan lama lagi juga akan “mati”).

Layanan upgrade gratis ke Windows 10 sebenarnya sudah dihentikan pada tahun 2016. Akan tetapi, pengguna masih bisa mengunduhnya secara gratis hingga saat ini (Pada 2017 lalu saya pernah mencoba upgrade dari Windows 8 ke Windows 10 dan memang masih berhasil).

Tidak diketahui kapan upgrade gratis ini akan benar-benar dihentikan. Setelah layanan ini berhenti, Microsoft akan menerapkan biaya US$139 atau sekitar Rp1,8 juta (US$1 = Rp13.641).

Advertisement. Scroll to continue reading.

Cara Upgrade Windows 7 ke Windows 10

Sebelum memperbarui OS ke Windows 10, sebaiknya Anda melakukan back up file untuk berjaga-jaga walau proses ini tidak akan menghapus file yang Anda simpan. Berkas-berkas Windows 7 nantinya akan disimpan di dalam folder Windows.old.

Untuk melakukan back up data bisa dilakukan dengan cara berikut.

  1. Pilih tempat penyimpanan.
    Hard disk eksternal biasanya menjadi pilihan tempat penyimpanan terbaik. Usahakan kapasitas hard drive eksternal dua kali dari hard disk perangkat.
  2. Jadikan tempat back up.
    Hubungkan hard disk eksternal ke laptop dengan USB. Akan ada pilihan otomatis yang muncul dan ada kotak dialog. Pilih penyimpan eksternal sebagai perangkat back up dan buka File History (Riwayat File). Bagian ini juga bisa ditemukan pada pengaturan Control Panel.
  3. Lalu pilih Select Drive (Pilih Drive) untuk menyimpan file yang ingin Anda back up.
  4. Klik Turn On, lalu perangkat akan memulai proses back up.

Setelah proses back up, pengguna bisa melakukan proses pembaruan Windows 10 secara gratis:

  1. Klik tautan Download Windows 10 Disc Image (ISO File) di situs Microsoft.
  2. Klik ‘Download Tool Now’ atau Unduh Alat Sekarang. Ketika selesai mengunduh, buka unduhan dan terima ketentuan lisensi.
  3. Pilih ‘Upgrade this PC now’ atau Tingkatkan PC Ini Sekarang lalu klik ‘Next’ atau Selanjutnya.
  4. Pilih ‘Keep Personal Files and Apps’ atau Simpan File Pribadi dan Aplikasi.
  5. Lalu klik ‘Install’ atau Pasang.
  6. Setelah unduhan telah terpasang, buka Settings (Pengaturan), klik Windows Update (Pembaruan Windows) lalu Activation (Aktivasi) untuk mengaktifkan lisensi digital Windows 10.

Comments
Advertisement

Baca Tulisan Menarik Lainnya

Blog

Kamu masih menggunakan Windows XP sebagai sistem operasi di komputer milikmu? Jika masih, maka sekarang saatnya kamu harus berganti (entah sistem operasinya atau sekalian...

Advertisement